PSSI dan tim pelatih Timnas U 19 Indonesia telah menetapkan 30 nama pemain yang akan dibawa mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) lanjutan di Kroasia. Kroasia dipilih sebagai lokasi tempat pelaksanaan TC karena tidak harus melakukan karantina terlebih dahulu saat tiba di negara tersebut. Alasan lain memilih Kroasia sebagai tempat TC karena memiliki cuaca yang hampir mirip dengan negara penyelenggara Piala Asia U 19 2020 di Uzbekistan.

Timnas U 19 Indonesia akan menjalani TC dan mengikuti turnamen menghadapi tiga negara lainnya di Kroasia. Pelaksanaan turnamen yang akan diikuti Timnas U 19 Indonesia berlangsung pada 2 sampai 8 September 2020 mendatang. Tiga negara yang menjadi lawan Timnas U 19 Indonesia adalah tuan rumah Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan pemilihan 30 nama pemain yang dibawa ke Kroasia merupakan hasil pantauan langsung Shin Tae yong. Dalam hal pemilihan pemain, Iriawan memastikan PSSI, anggota Exco, dan pihak pihak lainnya tidak melakukan campur tangan dan intervensi dalam pembentukan tim. Semuanya merupakan rekomendasi dan hasil pantauan Shin Tae yong dalam proses seleksi yang sudah berlangsung dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Iriawan, PSSI mendapatkan laporan dari Shin Tae yong terkait peningkatan yang terlihat dari TC yang sudah dilakukan. “Sebanyak 30 pemain telah dipilih Shin Tae yong untuk diberangkatkan ke Kroasia. Ia (Shin Tae yong) juga memberikan laporan bahwa saat ini pemain mengalami perkembangan yang bagus dan grafik meningkat selama pemusatan latihan,” kata Iriawan dikutip dari laman PSSI, Selasa (25/8/2020). Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap pada pelaksanaan TC di Kroasia bisa meningkatkan kualitas permainan Timnas U 19.

Terlebih bagi para pemain dan seluruh elemen di Timnas Indonesia U 19 akan menjalani aktivitas secara bersama sama. Kebersamaan tersebut diharapkan bisa membuat Timnas Indonesia U 19 Indonesia semakin kuat dan bisa mendapatkan hasil bagus di Piala Asia U 19 2020. “TC di Kroasia ini, kami harap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U 19 dan tentunya Piala Dunia U 20," ujar Iriawan.

Lebih lanjut, Iwan Bule memastikan PSSI akan selalu mendukung dan menssuport setiap program yang dibuat tim pelatih Timnas Indonesia. "PSSI selalu mendukung program dari pelatih Shin Tae yong untuk timnas,“ tutur Iriawan. Seperti diketahui, Piala Asia U 19 2020 akan berlangsung di Uzbekistan pada 14 hingga 31 Oktober 2020.

Skuat Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Pertandingan perdana Timnas U 19 di Piala Asia U 19 2020 akan menghadapi Kamboja pada 14 Oktober, melawan Iran 17 Oktober dan menantang tuan rumah Uzbekistan pada 20 Oktober 2020. 1. Adi Satryo PSMS Medan

2. Erlangga Setyo Persib Bandung 3. Yofandani Damai PSIS SEmarang 4. Pratama Arhan PSIS Semarang

5. Yudha Febrian Barito Putera 6. Komang Tri Bali United 7. Elkan Baggot Ipswich Town

8. Ahmad Rusadi 9. Muhammad Fadhil Semen Padang FC 10. Bayu M. Fiqri PON Jatim

11. Rizky Ridho Persebaya 12. Bagas Kaffa Barito Putera 13. Komang Teguh Diklat Ragunan

14. Andre Oktaviansyah, 15. David Maulana Barito Putera 16. Brylian Aldama,

17. Beckham Putra Persib Bandung 18. Mohammad Kanu Babel United FC 19. Braif Fatari Persija Jakarta

20. Andi Irfan AS Abadi Tiga Naga 21. Sandi Arta Samosir Persija Jakarta 22. Witan Sulaeman FK Radnik Surdulica

23. Jack Brown Lincoln City 24. Mochammad Supriadi Persebaya 25. Irfan Jauhari Bali United

26. Khairul Zakiri Gymnastica Cueta 27. Saddam Gaffar PSS Sleman 28. Ahmad Afhridrizal Vamos Indonesia

29. Moh. Bahril PSIS Semarang 30. Serdi Fano Bhayangkara FC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *