Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta membentangkan bendera merah putih sepanjang 17 meter di dalam rangkaian Kereta Api (KA), Senin (17/8/2020). Pembentangan Bendera Merah Putih ini dilakukan di dalam rangkaiankereta api sebelumdiberangkatkan. Tak hanyadi dalam rangkaian kereta api saja, Eva mengatakan, pembentangan bendera Merah Putih juga dilakukan saat melepas keberangkatan dengan diiringi pemberian salam penghormatan keberangkatan penumpang.

Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Eko Purwanto, menuturkan pembentangan bendera merah putih saat HUT ke 75 Republik Indonesia ini diharapkandapat membangkitkan semangat kemerdekaan para penumpang kereta api. Eko menambahkan, PT KAI sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi kereta api akan selalu memberikan pelayanan terbaik dengan mengedepankan aspek kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi masyarakat Indonesia. “KAI telah menjadi transportasi andalan semua kalangan masyarakat dan akan terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, demi Indonesia bersatu, Indonesia maju,” tutup Eko.

Kahumas Eva menyebutkan, secara total PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 28 kereta api pada Agustus 2020 ini. Di antaranya yaitu 15kereta api keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 13kereta api keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen. Beroperasi di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, Eva memastikan perjalanan kereta api selalu mengedepankan prosedur pencegahan penularan Virus Corona (Covid 19).

"Perjalanan KA akan tetap menjalankan prosedur pencegahan Covid 19, salah satunya dengan pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal," jelas Eva. Selain itu, Eva mengatakan, calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan kereta api. 1. Menunjukkan Surat Bebas Covid 19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan).

2. Calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam). 3. Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. 4. Menggunakan masker pribadi.

5. Mengenakan pelindung wajah atau face shield yang disediakan oleh KAI. Penggunaan face shield dilakukan baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung. Untuk pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun agar menyediakan sendiri face shield pribadi.

6. Mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaiankereta api. 7. Penumpang diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket dan selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *