Presiden Amerika Serikat (AS) ke 45, Donald Trump, positif terinfeksi virus corona penyebab penyakit Covid 19. Dalam akun Twitternya, @realDonaldTrump, Donald Trump mengumumkan bahwa dirinya dan sang istri, Melania Trump, dinyatakan positif Covid 19. Hal ini disampaikan pada Jumat (2/10/2020) waktu Indonesia barat.

Donald Trump dan Melania Trump langsung menjalani karantina dan memulai proses penyembuhan setelah dinyatakan positif. "Kami akan segera melalui ini bersama sama!" kata presiden berusia 74 tahun itu. Tonight, @FLOTUS and I tested positive for COVID 19.

We will begin our quarantine and recovery process immediately. We will get through this TOGETHER! Dilansir Kompas.com, Donald Trump mengalami kelelahan dan kesulitan bernapas.

Sementara, rilis pemerintah AS menyebut Donald Trump mengalami kelelahan, demam ringan, dan gejala seperti kedinginan ketika positif Covid 19. Selain itu, Donald Trump juga dua kali diberi tambahan oksigen. Presiden berusia 74 tahun itu dibawa ke Walter Reed Military Medical Center pada Jumat (2/10/2020) petang.

Hingga, Donald Trump akhirnya keluar dari rumah sakit tempat ia dirawat dan kembali ke Gedung Putih, Senin (5/10/2020). Meski begitu, dokter kepresidenan, Sean Conley, menyebut kondisi Donald Trump belum sepenuhnya lolos dari bahaya. Dokter juga telah merawat Donald Trump dengan obat steroid, dexamethasone, yang biasanya digunakan hanya pada kasus yang paling parah.

Sehingga, Donald Trump akan tetap mendapat pengawasan medis di Gedung Putih. Presiden Donald Trump disebut masuk ke kategori berisiko, karena selain usianya yang sudah menginjak lebih dari 70 tahun, dia juga mengalami kelebihan berat badan. Lalu, bagaimana dengan kondisi Ibu Negara AS, Melania Trump?

Namun pada Jumat (2/10/2020) lalu, Melania Trump mengabarkan dirinya mengalami gejala ringan, tetapi secara keseluruhan dia merasa baik baik saja. Hal ini ia sampaikan melalui akun Twitternya, @FLOTUS. Berdasarkan laporan The Hill, gejala yang dialami Melania Trump pada Jumat itu adalah batuk ringan dan sakit kepala.

Belum banyak detail yang dirilis mengenai gejala yang dialami Melania Trump. Namun, pada Senin (5/10/2020), Melania mengatakan dirinya baik baik saja melalui sebuah cuitan. "Keluarga saya bersyukur atas semua doa dan dukungan! Saya merasa baik baik saja dan akan lanjut beristirahat di rumah. Terima kasih untuk perawat dan tenaga medis di mana saja, dan saya selalu berdoa untuk mereka yang sakit atau memiliki anggota keluarga yang terpapar virus ini," kata Melania dalam akun Twitternya.

NBC News melaporkan pada Minggu (4/10/2020), Melania Trump tidak mengunjungi suaminya di rumah sakit. Sebab, Ibu Negara AS tidak ingin mengambil risiko menulari Covid 19 pada agen Dinas Rahasia AS jika meninggalkan ruang isolasi Covid 19. Hal ini disampaikan oleh sumber anonim di Gedung Putih.

"Dia terkena Covid 19," kata sumber tersebut saat menjelaskan mengapa Melania Trump tidak berkunjung ke rumah sakit. "Itu akan menular kepada para agen dan tenaga medis yang mengantarkan dirinya untuk menemui Donald Trump," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *