Dilansir dari kompas.com, jumlah investor pasar modal di Indonesia meningkat tajam sebanyak hampir 90% sepanjang tahun 2021. Tercatat per tanggal 17 Desember 2021 ada 7,3 juta SID atau Single Investor Identification yang terdiri dari investor jual beli saham, obligasi, SBN, reksa dana dan jenis efek lain.

Jumlah investor saham atau orang yang memiliki aset saham tercatat meningkat sebanyak 101% menjadi sekitar 3,4 juta. Menurut Direktur Utama KSEI, peningkatan investor retail ini didominasi oleh generasi milenial dan gen Z. Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh semakin majunya pengembangan teknologi dan infrastruktur di pasar modal.

Perkembangan teknologi ini juga menjadikan investor yang tadinya hanya mengetahui saham lokal semakin dekat denga saham luar negeri. Investor mulai tertarik dengan saham luar negeri karena memiliki prospek yang sangat baik dan merupakan salah satu cara untuk melakukan diversifikasi global.

Perusahaan luar negeri merupakan perusahaan yang memiliki pertumbuhan yang menarik jika dibandingkan perusahaan dalam negeri. Inilah yang pada akhirnya para investor tertarik untuk memboyong saham luar negeri.

Seperti misalnya perusahaan seperti Apple, Facebook, Amazon, Goolge dan Microsoft yang memiliki growth sangat baik dengan peningkatan hingga 37% tentunya sangat menarik dibandingkan pertumbuhan perusahaan dalam negeri yang rata-rata dibawah 10%.

Investasi Saham Luar Negeri di Nanovest

Jika ingin berinvestasi di saham luar negeri, kamu bisa menggunakan Nanovest yang merupakan aplikasi transaksi saham luar negeri di Indonesia. 

Kelebihan bertransaksi saham luar negeri di Nanovest adalah saham yang kamu beli akan tercatat atas nama kamu. Jika biasanya saham luar negeri itu tercatat atas nama broker atau manajer investasi dari suatu reksa dana, maka di Nanovest saham tersebut tercatat atas nama kamu. Jadi, kamu memiliki keuntungan penuh atas saham tersebut dan sebaliknya, kamu menanggung risiko penuh atas saham itu.

Untuk membeli saham luar negeri di Nanovest sangat mudah, setelah mendownload aplikasi Nanovest, kamu wajib untuk melakukan pendaftaran menggunakan nomor hp. Lalu kamu juga wajib untuk melakukan KYC di aplikasi Nanovest menggunaan KTP.

Lakukan deposit terlebih dahulu, Nanovest menyediakan 2 cara untuk melakukan top-up yaitu dengan menggunakan virtual account dari bank-bank besar di Indonesia serta cara yang kedua yaitu melalui dompet digital seperti Dana dan Shopee pay.

Setelah saldo terisi, maka kamu sudah siap untuk mengkoleksi saham luar negeri yang kamu dengan cara masuk ke menu saham, lalu pilih saham dari perusahaan yang ingin kamu miliki, klik beli dan masukan nominal rupiah yang ingin kamu investasikan di saham tersebut. Lalu akan ada halaman konfirmasi pembelian dan setelah melewati antrian transaksi, saham luar negeri impian sudah menjadi milikmu!

Mudah sekali bukan? teknologi sekali lagi sangat membantu kita dalam melakukan apapun di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat ya! terutama untuk kamu yang sedang berburu saham luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.