Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan Ekonomi Antisipasi Dampak Penyebaran Virus Corona



Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian menyatakan pemerintah telah mengantisipasi penyebaran virus corona sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu pemerintah juga selalu merespons setiap saran dan kritik dari lembaga internasional maupun dalam negeri terkait virus corona. "Dengan banyak masukan yang konstruktif dari para pakar. Kamu turut memperbaiki dan menjaga agar penyebaran virus corona tidak terjadi di Indonesia," ungkap Donny, Sabtu (29/2/2020).

Donny melanjutkan pemerintah telah menyiapkan sejumlah paket kebijakan ekonomi dalam mengantisipasi penyebaran virus corona. Diantaranya ‎mendorong belanja modal baik melalui projek infrasturtur yang padat karya, padat modal, dan padat penyerapan tenaga kerja. Hal ini dirasa penting agar ‎perputaran uang terus berjalan. Pemerintah juga memberikan insentif kepada sektor pariwisata dengan memberikan paket diskon 30 sampai dengan 50 persen untuk tiket pesawat.

"Terakhir ‎pemerintah mempercepat bantuan jaminan sosial dengan penambahan anggaran untuk program Kartu Indonesia Sehat, Program Keluarga Harapan, hingga Kartu Prakerja," imbuhnya. Khusus untuk ‎penurunan suku bunga di Bank Indonesia (BI), pemerintah menyiapkan penurunan suku bunga, khususnya untuk UKM agar menyerap fasilitas kredit dan pendistribusian secara merata ke beberapa wilayah sentra ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *