Hadir untuk pelaku usaha UMKM pada Agustus 2020 lalu, Pasar Digital UMKM hasil inisiasi Kementerian BUMN dan BUMN lainnya atau dikenal sebagai PaDi UMKM sebagai platform digital dengan cara daftar online umkm di Indonesia yang memiliki andil untuk membantu para pelaku usaha UMKM baik kecil, menengah dan besar untuk bertahan dan semakin berkembang di masa yang akan datang bersamaan penggunaan digitalisasi dalam perjalanannya.

Dikutip dari website padiumkm.id, kategori lainnya pada platform digital dengan cara daftar online umkm di Indonesia ini memiliki 17 pilihan untuk para pelaku usaha UMKM jika dirasakan tidak ada pilihan dari produk yang mereka dagangkan untuk dimasukkan dalam kategori utama.

Kategori lainnya pada PaDi UMKM sebagai platform digital dengan cara daftar online umkm di Indonesia yaitu Jasa Konsultan & Penilaian, Barang Elektronik, Komputer & Periferal, Bahan Kimia, Alat & Jasa Kesehatan-Keselamatan, Alat Tulis Kantor, Jasa Event Organize, Jasa Mandor & Tenaga Kerja Lainnya, Jasa Perawatan Elektronik & IT, Jasa Perawatan Gedung, Jasa Perawatan Kendaraan, Jasa Percetakan & Media, Jasa Travel & Akomodasi, Konveksi & Laundry, Pendidikan dan Pelatihan, Pengadaaan & Sewa Kendaraan, Pertanian & Peternakan, Sewa Gedung, Souvenir & Merchandise.

Pilihan kategori lainnya pada PaDi UMKM sebagai platform digital dengan cara daftar online umkm di Indonesia ini tetap menjadi pilihan yang penting meskipun tidak menjadi unsur utama yang hadir pada tampilan website resmi PaDi UMKM. Meskipun beberapa pengaturan dan cara untuk mendaftar serta memasukkan produk masih memibingungkan para pelaku usaha UMKM, tim platform digital jual barang dan jasa pemerintah ini berupaya interaktif dalam waktu yang ditentukan agar siap merespon secepatnya kendala yang dirasakan dari para pembeli maupun para penjual.

Ada sembilan BUMN yang bergabung dalam pengembangan produk dalam negeri ini, salah satunya Telkom yang ditugaskan menjadi aggregator. Terdapat delapan perusahaan lainnya yang dilibatkan yaitu, Pertamina, Pupuk Indonesia, BRI, Pegadaian, PNM, PP, Waskita Karya dan Wijaya Karya pada PaDi UMKM sebagai platform digital dengan cara daftar online umkm di Indonesia.

PaDi UMKM adalah sebuah platform digital dengan cara daftar online UMKM yang mempertemukan UMKM dan BUMN dengan tujuan jual barang dan jasa BUMN lebih optimal untuk ditemukan dan mempercepat efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM.

Dengan adanya platform digital cara daftar online UMKM ini, UMKM dapat menikmati pembiayaan keuangan yang memudahkan mereka untuk berdagang dan bertahan di tengah pandemi. Tidak hanya belanja, Kementerian BUMN dapat memonitor secara langsung transaksi BUMN dengan UMKM secara optimal dan detail.

Platform digital cara daftar online UMKM inisiasi BUMN ini bersifat transparan dan mampu memperluas jaringan online pada pelaku usaha UMKM serta meningkatkan penjualan dan pengalaman dalam transaksi digital.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi peranan penting untuk kemajuan dari berbagai sektor perekonomian di  Indonesia. harapan UMKM di Indonesia dapat pulih setelah pandemi ini selesai dan memajukan kembali perekonomian indonesia.

UMKM sudah banyak bermunculan di Indonesia dari mulai wirausaha dengan level kecil, menengah hingga besar. Meskipun pandemi memukul semua sektor terutama sepanjang 2020 ini, tetapi harapan terbesar KBUMN adalah menjadikan Pasar Digital menjadi solusi dan dapat membantu mereka tetap semangat berdagang secara online maupun offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *