Masa kehamilan merupakan momen yang paling membahagiakan bagi semua calon ibu. Segala cara akan dilakukan demi menjaga kesehatan janin termasuk rajin mengkonsumsi makanan sehat, menjalani pola hidup yang benar hingga melakukan konsultasi dengan dokter kandungan di Jakarta yang terpercaya. Tidak hanya calon ibu, para calon ayah pun juga diharuskan memberikan perlindungan dan dukungan kepada pasangan demi keselamatan dan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Apalagi pada masa trimester awal, yang dimulai sejak haid terakhir hingga akhir minggu ke 13 berlangsung, tiap ibu akan selalu merasa was-was dan berharap kandungan dalam keadaan baik-baik saja. Agar calon ibu bisa merasa lebih tenang, pelajari tips berikut untuk menjaga kehamilan di trimester awal, yuk disimak.

 

  • Kenali perubahan kondisi pada tubuh

Tidak ada yang mengetahui tentang kondisi tubuh dan perubahan yang terjadi selain diri sendiri. Untuk itu, tiap calon ibu patut mengenali perubahan yang terjadi serta mencari tahu bagaimana cara menanganinya. Dengan begitu, Anda akan mampu mengatasi segala keluhan yang dirasakan baik dengan penanganan sendiri maupun melalui bantuan tenaga ahli. Contohnya saja, pada masa kehamilan, calon ibu akan sering merasa mual sehingga kerap muntah dan merasa tidak nafsu makan. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui hal tersebut dan berpikir bagaimana caranya agar makanan tetap dapat masuk ke dalam tubuh meski terasa mual, seperti misalnya mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil hingga memperbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

  • Jalani kebiasaan baik dan sehat

Saat Anda sudah dinyatakan positif hamil, Anda sudah harus berkomitmen untuk merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik, dengan menjalani pola hidup yang sehat. Beberapa kebiasaan buruk yang mungkin sering Anda lakukan seperti merokok, bergadang hingga terlalu sering mengkonsumi kopi ada baiknya mulai pelan-pelan dihentikan. Memulai kebiasaan baik pada masa kehamilan tentunya akan membantu Anda melewati fase krusial di trimester awal kehamilan dengan lebih tenang, dan perkembangan janin dalam kandungan pun akan lebih maksimal. Lanjutkan kebiasaan baik ini bahkan setelah melahirkan untuk meningkatkan kualitas hidup di masa mendatang.

  • Waspadai adanya tanda bahaya pada kondisi kehamilan

Seperti yang sudah disinggung di atas, pada masa awal kehamilan, Anda diharuskan mengenali segala perubahan kondisi yang terjadi pada tubuh. Hal ini penting karena berhubungan dengan risiko bahaya yang mungkin saja menimpa Anda dan calon bayi. Beberapa risiko yang bisa Anda waspadai misalnya jika timbul flek darah yang terjadi secara berlebihan dan menimbulkan rasa sakit, atau cairan vagina yang keluar menimbulkan rasa gatal maka ada baiknya Anda segera melakukan konsultasi ke dokter. Dengan mewaspadi kondisi aneh yang terjadi pada tubuh Anda dan pasangan dapat lebih cepat menemukan solusi permasalahan dan mengatasinya sebelum masalah besar benar-benar terjadi

 

Itu dia beberapa tips dalam menjaga kehamilan terutama di trimester awal. Masa ini bisa Anda manfaatkan untuk semakin merekatkan hubungan emosional dengan pasangan dengan saling melibatkan diri dalam urusan menjaga kondisi kehamilan hingga proses bersalin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.