Ada banyak hadist yang menyatakan keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat. Ada yang menyatakan bahwa dengan membaca surat ini, dosa kita akan diampuni di antara dua Jumat. Memunculkan cahaya hingga ke langit dan menyinari manusia yang membacanya saat kiamat. Dan diberikan ketenangan hati hingga hari Jumat berikutnya.

 

Karen itu, sebagian ulama menyunahkan membaca ayat ini di hari Jumat. Mengingat keistimewaannya yang mampu membawa berkah.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 di kitab suci Al Quran. Menceritakan tentang tujuh pemuda shaleh yang diikuti seekor anjing demi untuk menyelamatkan iman. Mereka lalu bersembunyi di sebuah gua dan tertidur hingga 300 tahun lamanya.

 

Berikut ini, ada beberapa keutamaan membaca surat Al Kahfi di Hari Jumat.

Terjaga dari fitnah Dajjal

Bagi Anda yang terbiasa membaca surat Al Kahfi di setiap hari Jumat, maka menurut beberapa Hadist, akan dipelihara dari segala fitnah selama delapan hari dan dari fitnah Dajjal ketika dia keluar. 

 

Pernyataan seperti di atas juga diungkapkan berdasarkan kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi.

 

Cahaya di hari Kiamat

Berdasarkan beberapa hadits shahih mengatakan bahwa, orang yang membaca Surat AL Kahfi pad setiap hari Jumat, akan terpancar cahaya dari dirinya. Cahaya ini akan muncul pada telapak kaki dan menerangi orang yang membacanya di hari Kiamat. Dosa-dosa yang dilakukan di antara dua Jumat juga akan diampuni.

Mendapatkan cahaya hingga Ka’bah

Berdasarkan riwayat Imam Sa’id ibnu Mansur di dalam kitab sunah yang disusunnya, mengatakan bahwa, “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka diberikan cahaya baginya yang menerangi antara dia hingga Baitul’ Atiq atau Ka’bah.”

 

Hadisnya yang sama juga pernah diriwayatkan oleh As-Sauri dan secara mauquf.

Muncul cahaya hingga Jumat berikutnya

Imam Hakim pernah mengatakan bahwa hadis yang menyatakan bahwa ketika seseorang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka memancarlah cahaya baginya dari sejak dia membaca hingga jumat berikutnya. Menurutnya hadits ini bisa dipercaya keshahihannya. 

 

Demikian beberapa keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat yang perlu Anda ketahui. Wallahu A’lam Bis shawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *