Mual sebagai salah satu keluh kesah yang tersering dirasakan ibu hamil. Untuk menanganinya, ada banyak cara menghilangkan mual pada saat hamil yang dapat dicoba. Langkah ini dapat dipilih untuk menangani mual saat hamil khususnya saat mual sudah mengusik rutinitas Bumil setiap hari.

Ada beberapa langkah yang bisa ibu hamil kerjakan untuk menangani muntah dan mual sepanjang kehamilan,  Berikut triknya :

1. Menghirup aroma aroma fresh

Mual pada ibu hamil biasanya disebabkan karena penciuman yang peka karena hormon estrogen yang mengakibatkan sensitifitas indera penciuman turut bertambah.
Karenanya, tidaklah aneh bila Mama bisa menghirup aroma yang kurang enak beberapa meter dari tempat Mama, atau justru tidak senang menghirup aroma tertentu sepanjang hamil. Misalkan, langsung mual saat menghirup bau suami.
Saat kamu menghirup aroma yang tidak disukai, kamu akan rasakan muntah dan mual. Coba hisap aroma beraroma fresh, seperti lemon atau rosemary untuk kurangi mual saat hamil muda.
Sudah pasti tentukan aroma yang memiliki kandungan bahan alamiah, ya!

2. Makan sedikit demi sedikit

Saat hamil, perut sering berasa kembung karena asam lambung yang bertambah. Hal itu kerap membuat selera makan menyusut karena rasa mual tidak tertahan. Di sisi lain, Mama tetap harus makan untuk penuhi keperluan gizi harian.
Jalan keluarnya, konsumsilah dikit demi sedikit tapi sering. Memaksain makan banyak dapat memberatkan kerja mekanisme pencernaan, hingga mual justru bertambah.
Persiapkan cemilan biskuit ke mana saja Mama pergi untuk meredam rasa mual. Jangan sampai biarkan perutmu kosong ya!

3. Menjaga konsumsi cairan

Jaga konsumsi cairan akan lebih bagus dengan minum dikit demi sedikit tetapi sering dan teratur, dibanding minum langsung banyak. Harus dipahami jika ibu hamil penting untuk mencukupi cairannya pada tubuh karena bila mengalami dehidrasi, mual akan makin berasa.
“Makin Anda dehidrasi, makin Anda akan berasa mual. Biar tetap terhidrasi, coba bermacam langkah untuk mengelabui badan Anda supaya terima cairan.

4. Menghindari hal yang membuat berasa mual

Rasa mual kemungkinan datang dari suatu hal yang tidak Mama gemari. Coba lihat, apa yang dapat memacu rasa mual? Kemungkinan wewangian masakan tertentu?
Bila sudah tahu apakah yang membuat Mama mual, jauhi saja mencium bebauan itu.

5. Alihkan perhatian pada hal yang diminati

Rasa mual yang menerpa cukup mengusik? Alihkan pemikiran pada hal yang disukai dapat menolongmu lupakan rasa mual beberapa waktu.
Mama dapat membaca buku, bermain game sesaat, atau jalan-jalan mengisap udara luar. Beberapa mama hamil mengaku jika olahraga ringan bisa kurangi rasa mual mereka.

6. Konsumsi jahe

Jahe sudah lama disebut dan dipercayai dapat menangani permasalahan perut dan pencernaan. Riset juga memperlihatkan jika jahe bisa menolong menurunkan mual. Untuk manfaatkan jahe dalam menangani mual, coba mengiris tipis jahe dan masukan ke air rebusan atau teh.

7. Cukupkan istirahat

Hal paling simpel dan paling baik untuk menurunkan mual dan bermacam keluh kesah saat hamil ialah cukup istirahat.
Mengambil napas dalam-dalam, dan sempatkan diri untuk tidur sesaat. Beberapa pakar menjelaskan jika tidur ialah langkah terbaik untuk menghindar morning sickness.
Itu banyak hal berkaitan mual saat hamil muda yang harus dipahami, mudah-mudahan dapat menolong untuk bikin berasa semakin nyaman ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *