Sebagai orang tua, apakah Anda pernah bertanya tentang bagaimana tumbuh kembang anak 1 tahun? Perlu diketahui bahwa periode perkembangan anak di tahun pertama adalah salah satu periode yang sangat penting. Pasalnya, tumbuh kembang awal ini akan berpengaruh pada bagaimana perkembangan anak di usia selanjutnya.

Nah, berbincang tentang tumbuh kembang anak pada usia 1 tahun, ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk melihat hasil perkembangan anak. Beberapa acuan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perkembangan fisik

Bisa dikatakan bahwa perkembangan fisik adalah salah satu aspek yang paling mudah untuk digunakan melihat perkembangan anak. Dalam hal ini, perkembangan fisik yang bisa dijadikan acuan adalah berat serta tinggi badan anak.

Untuk anak usia 1 tahun, perkembangan fisik yang menjadi acuan adalah berat badan mereka bertambah 3 kali daripada berat lahir. Sementara itu, untuk tinggi badan, perkembangan yang menjadi acuan adalah 1,5 kali daripada tinggi ketika lahir.

2. Kemampuan motorik

Kemampuan motorik menjadi aspek yang sangat penting untuk menilai perkembangan anak usia 1 tahun, Secara umum, kemampuan motorik adalah kemampuan anak dalam upaya menggerakkan bagian tubuh mereka.

Dalam hal ini, pada usia 1 tahun, anak umumnya sudah bisa berdiri sendiri, belajar melangkah dan lainnya. Tidak hanya itu, anak dalam usia 1 tahun juga seharusnya sudah bisa makan dengan sendiri.

3. Kemampuan berbahasa

Aspek lain yang bisa dijadikan acuan terkait perkembangan anak usia 1 tahun adalah kemampuan bahasa. Dalam hal ini, perkembangan bahasa yang bisa dilihat dari anak usia 1 tahun adalah ia sudah bisa memproduksi kata tunggal dan juga mampu menunjuk bagian tubuh.

Tidak hanya itu, anak umumnya juga sudah memahami maksud dari kata yang diucapkan oleh orang lain. Selepas usia 1 tahun, perbendaharaan kata mereka akan meningkat dengan cukup pesat. 

Beberapa aspek di atas bisa menjadi acuan untuk melihat perkembangan anak usia satu tahun. Tentu, Anda juga perlu memaksimalkan perkembangan tersebut dengan melakukan stimulasi. Nah, kini tentu, Anda sudah bisa menjawab pertanyaan bagaimana tumbuh kembang anak 1 tahun?

Deskripsi: bagaimana tumbuh kembang anak 1 tahun? Ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk menilai perkembangan anak usia 1 tahun dengan cukup detail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.