Cerita Cynthia Lamusu Tunda Berhijab Karena Alasan Karier di B3



Penyanyi Cynthia Lamusu (42) membocorkan kisah masa lalunya yang dahulu ingin sekali berhijab. Cynthia Lamusu mengatakan, keinginannya berhijab terjadi di tahun 2003, usai menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci. "Jadi tahun 2003 itu aku punya cerita mencari tuhan. Saya lahir dari keluarga muslim, namun saya memikirkan hak saya untuk mencari tuhan," kata Cynthia Lamusu dalam siaran langsung instagram bersama dengan Soraya Haque, dikutip Warta Kota, Sabtu (30/5/2020).

Cynthia pun mencoba pergi ibadah umroh ke Tanah Suci untuk mencari jawaban atas haknya yang ingin mencari tuhan. Setelah menjalankan ibadah dan melihat kabah, perasaan istri dari Surya Saputra itu pun tak bisa digambarkan kebahagiaannya. "Sepulangnya dari umroh aku tuh mencoba berhijab selama 40 hari. Kehidupan ku pun berbeda, aku kayak memiliki layar besar yang bisa menentukan ini benar dan salah," ucapnya.

Personil grup vokal B3 itu pun berhijab. Setelah 35 hari berpakaian tertutup, Cynthia merasakan kenyamanan yang luar biasa dalam penampilan. Sehingga, wanita kelahiran Jakarta, 12 April 1978 itu ingin berhijab sampai seterusnya. Hanya saja keinginannya berhijab bertentangan dengan kariernya, yang kala itu Cynthia baru bergabung dengan B3 selama tiga tahun.

"Hatiku bergejolak karena aku tiba tiba tidak mau lepaskan hijab dan itu kuat sekali. Kenapa jadi dilema? Karena waktu itu aku baru masuk B3 dan baru tiga tahun, aku gabung sejak tahun 2000," jelasnya. Ketika tahun 2003, diakui Cynthia jadwal manggung B3 sedang padat padatnya. Bahkan, ia hanya ada waktu di Jakarta untuk menukar koper di Bandara. "Terus aku gelisah, berkecamuk, dan perang batin. Karena kalau aku berhijab, aku akan jadi pertimbangan disebuah grup ini dan aku dihadapkan dengan satu pilihan saja," katanya.

Saat itu, B3 memiliki aksi panggung sampai berbusana yang terkonsep setiap acara. Ia berpikir tidak mungkin menggunakan hijab disaat itu karena jadwal manggung yang padat. Guna menenangkan kegundahan hati dan perang batinnya, Cynthia pun berbagi cerita kepada ustadz yang diyakini bisa membantunya. "Ada pemahaman, ada satu nasihat, 'nikmati itu hidayah. Tapi lihat manfaatnya, kalau kerja bermanfaat untuk kamu dan keluarga itu adalah bentuk ibadah' gitu," ungkapnya.

Dengan pedoman nasihat tersebut, Cynthia Lamusu pun menunda keinginannya menggunakan hijab sampai detik ini. Karena, ia meyakini bahwa menjalani ibadah tak hanya dengan menggunakan hijab saja. "Satu pemahaman saya menikmati proses didalam hati. Menikmati menjilbabi hati aku dulu dan akhirnya aku ambil jalan menunda berhijab dengan banyak pertimbangan," ujar Cynthia Lamusu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *