Kondisi Darurat Kesehatan, Harus Diubah Jadi Ketahanan Kesehatan Masyarakat



Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito mengatakan pentingnya merubah kondisi darurat kesehatan menjadi ketahanan masyarakat saat masuki kenormalan baru atau new normal. Hal itu disampaikan Wiku saat konferensi pers terkait Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19 bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/6/2020). "Kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat harus kita ubah menjadi ketahanan kesehatan masyarakat yang semakin meningkat," kata Wiku.

Salah satu cara yang harus dilakukan yakni mengubah perilaku dengan disiplin yang baik dan kolektif agar protokol kesehatan dijalankan dengan benar di tengah masyarakat. Wiku juga mengatakan, bahwa perubahan prilaku ini bisa menghindarkan masyarakat dari resiko terpapar virus corona. "Ini adalah hal yang kunci. Hidupnya harus lebih bersih, disiplin protokol, dan untuk daerah supaya tidak terkapar oleh PHK masyarakatnya, ada suatu proses yang tidak kita lakukan tergesa gesa atau semena mena, kita lihat dari kondisi data kesiapan dari setiap daerah," jelas Wiku.

Menurut Wiko, hal itu juga menggambarkan bahwa hampir 60 persen wilayah di Indonesia saat ini kondisinya beresiko rendah dan zona hijau. "Untuk itu, beberapa sektor yang aman sudah mulai dibuka," jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *