Pesawat yang mempunyai ruang terbatas berarti komunikasi dan pembicaraan awak kabin dan pilot berpotensi dapat didengar oleh penumpang. Maka dari itu, pramugari dan awak kabin lain sering menggunakan kode kode khusus berupa kata kata yang mereka sendiri pahami artinya. Biasanya, kode rahasia ini memiliki makna khusus untuk saling mengingatkan satu dengan yang lain terkait sesuatu yang sedang terjadi.

Ada beberapa kata kata yang biasa digunakan oleh pramugari ketika berkomunikasi dengan awak kabin lainnya yang biasanya bersifat rahasia. Biasanya, kata ini digunakan ketika pesawat akan mengalami turbulensi namun tidak ingin memberitahu penumpang karena berakibat pada rasa cemas. Jika seorang pilot berbicara mengenai air pocket, ini berarti perjalanan pesawat akan bergelombang sehingga pramugari perlu bersiap diri.

Kata lain yang umum digunakan dan yang sekarang banyak dipahami adalah 'Code Bravo' yakni kode untuk peringatan keamanan umum di bandara atau di dalam pesawat. Petugas keamanan biasanya akan mengucapkan kata itu sangat keras dan berulang ulang kali. Awak kabin menggunakan frasa ini untuk mengalihkan perhatian penumpang dari bahaya yang sebenarnya sehingga mereka dapat menangani situasi tanpa gangguan.

Kode rahasia selanjutnya yang sering digunakan adalah frasa 'Bin Sin' Pilot biasanya akan mengatakan ini satu sama lain dan memiliki arti pada area landasan di mana pesawat menunggu untuk lepas landas. Ini terjadi jika landing pesawat tertunda atau jika landasan terlalu sibuk.

Kata lain yang dapat digunakan awak kabin di atas pesawat adalah 'Pax'. Kata pax berarti penumpang tetapi kata yang jauh lebih mudah bagi awak kabin untuk digunakan. Tampaknya, staf penerbangan banyak berbicara tentang penumpang yang berada di pesawat namun tak ingin disadari oleh penumpang itu.

Kata ini berarti bahwa kru sedang menyelesaikan dokumen yang harus mereka selesaikan, tetapi penerbangan harus segera berangkat. Namun frasa ini biasanya menjadi penyebab utama keterlambatan. Seorang pramugari mengatakan bahwa kata 'document' biasanya merupakan revisi terhadap rencana penerbangan atau ada hubungannya dengan berat dan keseimbangan pesawat.

Atau, bisa juga hanya menunggu staf pemeliharaan untuk mendapatkan buku catatan penerbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *