Ketika anak sakit maka tidak boleh untuk memberikan obat dengan sembarangan. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa memberikan obat yang tepat untuk penyakit yang diderita anak. Termasuk ketika anak mengalami masalah pencernaan seperti diare. Maka pastikan untuk memilih obat yang akan aman dikonsumsi untuk anak seperti obat dari bahan herbal. Obat dari bahan herbal akan aman dikonsumsi anak bahkan juga ibu hamil, sehingga bisa diberikan bagi anak ketika mengalami masalah diare. Adapun beberapa jenis ramuan herbal diare anak yang dapat diberikan adalah:

 

1. Air putih

ilustrasi air putih

Ketika anak mengalami diare, maka pastikan agar tidak mengalami dehidrasi yang dapat membuat kesehatannya menjadi lebih turun. Oleh karena itulah pastikan untuk selalu memberikan air putih yang cukup untuk dikonsumsi selama diare. Air putih juga akan membantu untuk meredakan gejala diare yang dialaminya dengan alami. Setidaknya berikan air putih untuk diminum dan berikan secara perlahan. Seperti dengan memberikan setidaknya 1 liter per jam agar mencegah diare. Berikan air putih yang sehat dan hindari untuk memberikan cairan yang justru dapat membuat diare menjadi lebih parah seperti alkohol atau kafein.

 

2. Oralit

ilustrasi oralit

Herbal diare anak yang dapat meredakan gejalanya adalah menggunakan oralit. Oralit merupakan langkah pertolongan pertama yang dapat diberikan ketik anak mengalami diare. Oralit dapat berfungsi sebagai menggantikan kadar elektrolit dan juga cairan tubuh yang hilang. Sehingga hal tersebut juga dapat mengatasi mencret yang terjadi saat diare yang juga menimbulkan dehidrasi. Manfaat dari oralit tersebut juga dikemukakan oleh Pusat Cleveland Clinic’s for Human Nutrition. Membuat oralit juga sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan melarutkan 6 sendok teh gula dan ½ sendok teh garam ke dalam 1 liter air. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, minum oralit 4-6 jam sekali.

 

3. Teh jahe

ilustrasi teh jahe

Bahan selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare anak adalah teh jahe. Jahe merupakan bahan herbal yang memang dapat mengatasi masalah pencernaan, termasuk juga diare. Jahe mempunyai kandungan yang dapat bermanfaat untuk memblokir racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga hal tersebut dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti muntah, mual, dan juga perut kejang. Jahe juga dapat melawan bakteri E.Coli dan listeria sehingga dapat digunakan sebagai obat diare. Untuk menggunakan jahe, Anda cukup memotong jahe dan merebusnya. Rebusan air tersebut bisa dikonsumsi dengan teh, lemon, maupun madu untuk membuat rasanya lebih enak.

 

4. Cuka apel

ilustrasi cuka apel

Bahan alami selanjutnya yang dapat dimanfaatkan adalah cuka apel. Apabila Anda mempunyai cuka apel dapat digunakan untuk menghancurkan bakteri yang menyebabkan diare. Cuka apel yang mempunyai kandungan ekstrak apel dapat membantu pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus. Sehingga hal tersebut akan membuat kondisi pencernaan lebih lancar dan mencegah peradangan ketika mengalami diare.

 

5. Enstrostop

Entrostop Anak

Obat herbal terakhir yang dapat digunakan ketika anak mengalami diare yaitu Entrostop persembahan dari diarepedia. Obat ini mempunyai kandungan daun teh, daun jambu biji, jahe, dan juga kunyit yang mempunyai manfaat untuk mengurangi gejala diare. Anda bisa memanfaatkan obat yang dapat ditemukan dengan mudah ini untuk membantu mengatasi diare yang diderita oleh anak. Cara mengkonsumsi obat herbal ini juga sangat mudah yaitu dengan memberikan 1 sachet 3 kali sehari bagi anak usia 6-12 tahun. Pastikan tidak memberikan obat ini untuk anak yang masih di bawah 5 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *