Melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi merupakan saah satu hal penting yang harus dilakukan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperhatikan kesehatan pada gigi, termasuk menghilangkan karang gigi.

Namun untuk menghilangkan karang gigi tidak perlu dilakukan di dokter, melainkan terdapat cara alami yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Penasaran dengan cara menghilangkan karang gigi secara alami? Simak ulasan di bawah ini hingga tuntas !

Bagaimana Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami?

 

1. Menyikat Gigi Secara Rutin

Menyikat gigi secara rutin adalah hal penting yang harus dilakukan, dimana anda disarankan untuk menyikat gigi selama dua menit. Hal ini telah dijelaskan oleh seorang peneliti bahwa menyikat gigi selama dua hingga tiga menit dapat menghilangkan 55% karang gigi. Anda bisa menyikat gigi secara teratur dengan minimal 2 kali dalam sehari.

2. Sikat Gigi Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Fluoride adalah salah satu bahan yang dapat membantu untuk mencegah kerusakan gigi dengan memperkuat gigi dalam melawan asam, yang dapat merusak gigi. Dengan kata lain Fluoride itu sendiri merupakan bahan alami yang telah terbukti dalam beberapa penelitian untuk secara efektif dapat mengendalikan gigi yang berlubang.

Jenis pasta gigi yang satu ini memiliki kandungan kadar fluoride, dimana untuk orang dewasa dan anak-anak di atas usia tiga tahun disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung 1.350-1.500ppm fluoride.

Dan pastikan bahwa khusus untuk anak-anak, harus mengunakan pasta gigi yang dibuat khusus untuk usia mereka dengan tujuan untuk memastikan bahwa mereka memiliki tingkat fluoride yang tepat.

3. Menghilangkan Karang Gigi dengan Menggunakan Obat Kumur Antibakteri

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan karang gigi secara alami yakni dengan menggunakan obat kumur antibakteri. Yang mana obat kumur antibakteri ini jelas memiliki banyak manfaat yang terdapat dida almnya.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh yakni, dapat menyegarkan napas, mengurangi penumpukan plak pada gigi, melonggarkan partikel makanan yang membandel, dan juga bermanfaat untuk mengurangi risiko gigi yang berlubang.

Obat kumur yang satu ini bisa digunakan setelah anda menyikat gigi. Sebab, menggunakan obat kumur langsung setelah menyikat gigi dapat menghilangkan fluoride yang bermanfaat dari gigi Anda. Jadi gunakan obat kumur ini untuk menyegarkan mulut Anda di siang hari, seperti setelah makan camilan atau makan siang.

4. Menggunakan Benang Gigi

Selain menggunakanobat kumur antibakteri, nyatanya anda juga bisa menghilangkan karang gigi secara alami dengan menggunakan benang gigi. Ini telah dijelaskan oleh seorang peneliti bahwa menggunakan benang gigi dapat membantu anda untuk mengurangi penyakit gusi ringan, atau radang gusi.

Oleh sebab itu, cara ini bisa anda lakukan jika anda tidak berhasil untuk melakukan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas.

Nah, itulah pembahasan yang dapat dijelaskan mengenai cara menghilangkan karang gigi secara alami. Mengikuti beberapa langkah di atas akan membuat gigi Anda tetap bersih dan sehat tanpa melakukan pemeriksaan di dokter gigi. Penting untuk dicatat bahwa sebaiknya hindari menggunakan beberapa produk penghilang karang gigi di rumah, seperti pengikis karang gigi.

Sebab, jika hal tersebut dilakukan sendiri dirumah tanpa berkonsultasi dan melakukannya di dokter gigi tentu dapat menyebabkan beberapa masalah termasuk infeksi atau cedera mulut. Oleh sebab itu, agar tidak ada masalah lebih lanjut pada gigi, maka hindarilah untuk menggunakan dengan cara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.