Organ reproduksi menjadi bagian penting dalam tubuh seseorang, khususnya bagi kaum wanita. Penting sekali untuk menerapkan pola hidup dan kebiasaan yang tepat agar kesehatan organ reproduksi selalu terjaga dengan baik. Menjaga kesehatan alat reproduksi wanita sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan asal Anda telaten dan memiliki niat untuk merawat dengan benar.

Perawatan Alat Reproduksi

Melakukan langkah perawatan yang tepat pada alat reproduksi sebenarnya bisa jadi investasi di masa depan. Hal ini tidak hanya penting untuk dilakukan oleh wanita yang sudah menikah tetapi juga oleh remaja perempuan. Berikut adalah 5 tips merawat kesehatan alat reproduksi yang dimiliki oleh kaum wanita:

1. Jaga Kebersihan Organ Intim

Pertama, Anda harus menjaga kebersihan area luar organ intim. Ini merupakan hal dasar yang wajib dilakukan demi menjaga kesehatan alat reproduksi. Pastikan bahwa Anda selalu membersihkan area kewanitaan dengan cara yang tepat. Basuhlah area intim menggunakan air bersih setiap kali selesai buang air. Arah membasuh adalah dari depan ke belakang agar bakteri terbuang sempurna.

Penting sekali untuk mengganti celana dalam secara rutin. Bila perlu, jangan hanya mengganti celana dalam setiap selesai mandi. Anda bisa mengganti celana dalam sesering mungkin untuk mencegah bakteri berkembang biak di sana. Hindari penggunaan sabun saat membersihkan area intim, cukup pakai air saja. Tak semua jenis sabun bagus untuk area vagina dan bisa saja memicu kondisi kekeringan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Dalam menjaga kesehatan reproduksi wanita, jenis makanan yang masuk ke badan memiliki peran yang signifikan. Masalahnya berat badan yang terlampau berlebihan atau terlalu rendah, sama-sama akan menyebabkan masalah di sistem reproduksi dan tingkat kesuburan.
Kekurangan mineral atau vitamin tertentu dapat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita dan fungisnya.
Karenanya, Anda dianjurkan untuk teratur konsumsi makanan sehat yang bagus untuk kesuburan seperti asparagus, keju, biji-bijian, tiram, tomat, delima, sampai ikan salmon. Anda pun dianjurkan untuk kurangi konsumsi tinggi lemak seperti gorengan.
Konsumsi banyak lemak trans akan turunkan sensitivitas insulin dan membuat proses ovulasi atau pematangan sel telur pada wanita jadi terusik. Ini dapat berbuntut pada penurunan kesuburan.

Maka dari itu pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Penuhi kebutuhan gizi dengan porsi yang seimbang. Mulai dari protein, lemak, serat, vitamin, juga mineral. Pastikan semuanya dalam kadar yang tepat sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang mencukupi sesuai kebutuhannya.

3. Terapkan Gaya Seks Sehat

Penting sekali untuk menerapkan seks sehat demi menjaga kondisi organ reproduksi Anda. Jika Anda sudah menikah, maka jaga kebersihan selama melakukan hubungan seksual. Ingatkan pasangan untuk membersihkan penis sebelum melakukan penetrasi. Jika memang Anda dan pasangan memakai kondom sebagai alat kontrasepsi, maka pastikan untuk tidak memakai satu kondom berulang kali.

Bagi Anda yang belum menikah, usahakan untuk tidak melakukan hubungan seks bebas. Apalagi jika Anda sampai bergonta-ganti pasangan. Hal ini akan memberikan pengaruh yang sangat buruk bagi kesehatan alat reproduksi wanita. Jadi, lebih baik terapkan gaya hidup sehat dan jalin hubungan dengan orang yang memang tidak ingin melakukan seks bebas sebelum menikah.

4. Cukupi Waktu Istirahat

Saat Anda sangat capek dan stres, maka keseimbangan kandungan hormon di badan, termasuk hormon yang bekerja di organ reproduksi, akan terusik. Ini pasti tidak bagus, khususnya untuk wanita yang berencana untuk hamil. Untuk dapat turunkan kandungan stres dan lelah, istirahatlah yang cukup. Untuk beberapa orang ini kemungkinan biasa. Tetapi memperoleh tidur yang berkualitas memang nyatanya benar-benar sehatkan untuk tubuh.

Usahakan Anda selalu mencukupi kebutuhan waktu istirahat setiap hari. Jika tubuh mendapatkan waktu istirahat yang memadai maka kecil kemungkinan munculnya gangguan kesehatan. Termasuk gangguan kesehatan di organ reproduksi Anda. Sesibuk apapun, cobalah untuk tetap meluangkan waktu istirahat yang memadai.

5. Kelola Stres

Penting sekali bagi kaum wanita untuk mengelola stres dengan baik. Pengelolaan stres yang bagus akan membuat wanita terhindar dari berbagai jenis penyakit. Termasuk penyakit yang akan menyerang alat reproduksi wanita. Lakukan meditasi secara rutin, istirahat cukup, dan tekuni hobi tertentu sebagai media relaksasi. Ini semua akan sangat efektif membantu mengelola stres.

Nah, tidak susah bukan? Tidak ada kata terlambat untuk memulai lebih peduli pada kesehatan organ reproduksimu. Manfaatnya jelas tidak hanya untuk saat ini, tetapi hingga kelak berumah tangga dan memiliki keturunan. Terapkan 5 tips di atas untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Anda serta pastikan agar Anda selalu konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat dan kebersihan diri. Jika organ reproduksi dalam kondisi sehat, maka Anda juga pasti akan merasa lebih nyaman dan bahagia bersama pasangan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.