Saat ini kehadiran jasa penerjemah tersumpah cukup banyak dibutuhkan. Sesuai dengan namanya, tugas dari layanan ini adalah melakukan terjemahan terhadap dokumen-dokumen tertentu. Tak sulit untuk menemukan layanan penerjemah tersumpah murah di tengah era digital seperti sekarang. Hanya saja tidak semuanya menawarkan kualitas dan bisa diandalkan.

Kriteria Penerjemah Terbaik

Agar Anda tak salah pilih layanan jasa penerjemah, maka penting sekali untuk mengetahui apa saja kriteria yang bisa dijadikan pertimbangan. Sebuah layanan jasa penerjemah seharusnya memenuhi kriteria tertentu agar layak untuk diandalkan. Berikut adalah 5 kriteria jasa penerjemah yang bisa Anda jadikan acuan ketika ingin menerjemahkan dokumen legal tertentu:

1. Punya Izin Resmi

Jasa penerjemah tersebut harus sudah punya izin resmi dari pemerintah. Jika jasa penerjemah tidak punya izin resmi maka legalitasnya wajib dipertanyakan dan sebaiknya Anda tidak menerjemahkan dokumen di sana. Izin dari pemerintah ini merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh layanan jasa penerjemah tersumpah.

 

Sertifikasi penerjemah umumnya akan diberikan dalam bentuk surat keterangan dari gubernur. Sebelum Anda memilih jasa penerjemah, carilah dulu informasi mengenai legalitas atau dokumen sertifikasi ini. Pastikan bahwa jasa tersebut memang sudah menerima sertifikat resmi sehingga layak untuk diandalkan.

2.  Sudah Berpengalaman

Layanan jasa penerjemah yang berkualitas tentunya harus punya pengalaman atau profesional di bidangnya. Anda bisa melihat track record jasa penerjemah dari portfolio yang mereka hadirkan. Biasanya layanan jasa penerjemah juga akan menampilkan portfolio melalui website mereka. Selain itu tampilan website juga biasanya akan terlihat lebih profesional.

 

Pengalaman jasa penerjemah ini juga bisa Anda lihat melalui ulasan atau review dari konsumen. Anda bisa melihat review klien yang sudah lebih dulu menerjemahkan dokumennya di jasa tersebut. Jika mayoritas klien memberi ulasan positif, maka layanan jasa ini cukup layak untuk diandalkan. Sebaliknya, jika mayoritas berisi ulasan negatif, maka layanan jasa tersebut sebaiknya dihindari saja.

3. Ada Kantor Fisiknya

Jauh lebih baik untuk memilih layanan jasa penerjemah yang punya kantor fisik. Ini jauh lebih aman dibandingkan menggunakan layanan penerjemah yang tidak punya kantor fisik dan sulit dideteksi lokasi operasional mereka. Ini bisa jadi salah satu indikasi bahwa layanan jasa tersebut abal-abal dan tidak bisa dipercaya.

4. Tarifnya Masuk Akal

Kriteria lain yang bisa Anda lihat saat memilih layanan jasa penerjemah adalah tarifnya. Tentu saja jasa penerjemah yang terpercaya akan menawarkan tarif yang masuk akal atau logis. Tarif yang logis ini sebenarnya cukup relatif untuk masing-masing orang. Anda bisa cek saja price list terjemahan yang ditawarkan oleh layanan jasa tersebut.

 

Untuk mengetahui apakah tarif yang ditawarkan logis atau tidak maka Anda bisa mencari perbandingan. Jangan asal tergiur dengan penawaran layanan penerjemah tersumpah murah sampai Anda tidak tahu kalau harga tersebut kurang logis. Jadi carilah perbandingan dulu untuk memastikan harga yang ditawarkan tadi.

5. Memberi Jaminan Garansi

Jasa penerjemah tersumpah yang bisa dipercaya biasanya akan memberikan jaminan garansi. Ini memang menjadi salah satu kriteria yang penting untuk dipenuhi karena bagaimanapun juga sangat mungkin terjadi kesalahan atau kendala pada proses penerjemahan tersebut. Jika ada garansi atau jaminannya maka akan lebih mudah untuk mengatasi kesalahan-kesalahan pada dokumen tadi.

 

Temukan jasa penerjemah tersumpah murah dengan kualitas yang bisa diandalkan. Jangan buang-buang uang Anda untuk menerjemahkan dokumen di tempat yang tidak bisa dipercaya. Pastikan tempat tersebut kredibel, punya izin resmi, dan bisa menerjemahkan dokumen secara akurat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.