Keuntungan utama dari berjualan online adalah memudahkan transaksi jual beli dan luasnya pasar. Sehingga cara jualan di WhatsApp kini paling banyak digunakan untuk menjaring keuntungan. Anda bisa menawarkan produk kepada pelanggan melalui nomor telepon saja.

Keuntungan Jualan di WhatsApp

Keuntungan utama jualan di WhatsApp, antara lain:

  • Menjangkau pelanggan serta prospek lebih efisien.
  • Menjalin hubungan pelanggan lebih dekat lagi.
  • Memudahkan melakukan pemasaran.
  • Adanya layanan berbagi lokasi akan mempercepat kurir saat mengirimkan produk ke pelanggan.
  • Menyediakan layanan konsultasi non stop selama 24 jam.
  • Merespon pertanyaan dengan cepat.

Strategi Jualan di WhatsApp

Agar mendapatkan hasil lebih maksimal, Anda bisa menyimak strategi jualan di WA berikut ini:

Menentukan Target Jualan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis online menggunakan WhatsApp yaitu menentukan target pasar. Segmentasi pasar bertujuan untuk aktivitas marketing atau pemasaran agar lebih terarah.

Manajemen Kontak

Selanjutnya, Anda perlu mengelola kontak pelanggan untuk menggolongkannya ke dalam beberapa kategori. Dari penggolongan kontak ini, Anda bisa mengetahui kontak mana yang potensial. Sehingga Anda bisa menindaklanjuti kontak yang lama tidak dihubungi. 

Selain itu, Anda juga bisa mengirim broadcast sebagai pesan kampanye akan produk-produk jualan. Bisa juga dengan memberikan penawaran menarik agar lebih mendongkrak penjualan.

Konten Marketing Menarik

Anda juga bisa mencoba strategi pemasaran menggunakan konten. Biasa juga disebut konten marketing, dimana konten harus Anda buat semenarik mungkin. Sehingga pelanggan tertarik melakukan transaksi. Agar konten menarik, coba buatlah sesuai dengan trend yang terjadi saat ini. 

Personalisasi Pelanggan

Selain itu, Anda perlu mengirimkan pesan yang dipersonalisasi. Pesan bersifat personal ini lebih disukai pelanggan. Sebab, pelanggan akan merasa lebih dihormati dan sekaligus membangun kedekatan. Anda bisa menggunakan pesan promosi ke banyak kontak sekaligus.

Call to Action

Anda harus memastikan pemasaran menyisipkan kata-kata call to action di setiap konten marketing. Misalnya saja, memakai kata “Beli sekarang!”. Cara jualan menggunakan CTA ini secara tidak langsung akan mempengaruhi pelanggan agar bisa memberikan interaksi.

Gunakan Satu Nomor

Anda harus bisa memisahkan kontak untuk berjualan dengan nomor pribadi. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membedakan mana pesan dari kolega dan mana yang dari pelanggan bisnis.

Selain itu, menggunakan satu nomor untuk bisnis dan memisahkan dengan kehidupan pribadi akan membuat Anda tampak profesional. Apabila terlalu sibuk menangani permintaan pelanggan, Anda bisa menggunakan Admin. Gunakan juga WhatsApp Business.

Aplikasi tersebut memiliki banyak fitur yang memungkinkan Anda satu akun dengan banyak admin sekaligus. 

Beralih ke WA Business

Perlu dipertimbangkan lagi penggunaan WhatsApp Business yang telah dirancang khusus. Platform ini akan memudahkan Anda menjalankan bisnis sehingga bisa memaksimalkan keuntungan yang akan didapatkan. Selain itu, transaksi jual beli akan lebih efisien.

Maksimalkan Chatbot

Chatbot memiliki peranan penting terutama bagi bisnis. Peranan penting yang utama, yaitu memberikan layanan kepada pelanggan dengan lebih baik lagi.

Selain itu, Anda bisa menghandle chat diluar jam operasional. Chatbot akan membantu memproses transaksi jual beli.

Broadcast WhatsApp

Cara selanjutnya, Anda bisa menggunakan broadcast. Kirim pesan broadcast berisi promosi kepada pada pelanggan dan leads. Buatlah isi pesan broadcast yang telah dipersonalisasi. 

Namun, perlu Anda ingat agar tidak mengirim pesan broadcast terlalu sering agar tidak terdeteksi sebagai spam. Hal ini menghindari pemblokiran akun oleh WhatsApp.

Cara jualan di WhatsApp dipandang lebih efektif untuk menghadapi persaingan ketat bisnis yang ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.