Pemakaian bed cover atau selimut yang memiliki ketebalan cukup tebal, saat ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Tidak jarang bed cover tidak hanya dijadikan sebagai pelengkap kamar tidur pribadi, tetapi juga sering dijadikan sebagai kado atau hadiah untuk pernikahan orang-orang terdekat. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang belum paham dengan bagaimana cara mencuci bed cover.

 

Cara mencuci bed cover yang benar bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan menggunakan mesin cuci atau menggunakan tangan. Karena mengingat bed cover merupakan salah satu barang kebutuhan pokok pemiliknya. Tidak hanya memberikan kenyamanan saat tidur, tetapi juga dapat memperindah tampilan tempat tidur Anda. Terutama bila Anda tidur menggunakan AC atau tinggal di daerah pegunungan.

 

Meskipun nyaman saat dipakai, sebaiknya bed cover juga harus dipantau pemakaiannya. Karena digunakan setiap hari, bisa jadi bed cover menjadi barang yang mudah kotor, yang tidak jarang diakibatkan oleh ompol anak atau debu.

 

Maka sebaiknya bila bed cover dicuci dan dibersihkan secara rutin minimal 2 minggu sekali. Selain untuk menjaga kebersihan dan keindahannya, tetapi juga menghindari bed cover dari bakteri atau kuman yang kemungkinan menempel.

 

Cara Mencuci Bed Cover Dengan Mesin Cuci dan Menggunakan Tangan

 

Mencuci Dengan Mesin Cuci

Sebelum memulai proses pencucian dengan menggunakan mesin cuci, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kalau bahan dari bed cover bisa dicuci dengan mesin. Caranya Anda lihat pada label petunjuk mencuci yang ada pada bed cover. Bila dirasa sudah aman, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencuci bed cover dengan mesin cuci, diantaranya:

  • Bila bed cover Anda menggunakan sarung, maka sebaiknya lepaskan dahulu.
  • Bila sudah, masukkan ke dalam mesin dan atur air dengan menggunakan air dingin. Lalu setting penyucian dengan kapasitas yang paling tinggi.
  • Masukkan deterjen untuk mencuci, jangan lupa untuk memasukkan pewangi pakaian agar bed cover terasa lebih lembut dan juga wangi.
  • Bila sudah selesai, untuk proses pengeringan pada mesin maka setting pengering yang paling tinggi dengan suhu panas paling rendah.
  • Tapi bila Anda mengeringkannya dengan cara manual, maka sebaiknya jemur bed cover di posisi yang tidak terlalu dekat dengan sinar matahari, agar warna pada bed cover tidak menguning. Meski demikian, menjemur dengan bantuan sinar matahari dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada bed cover.

 

Mencuci Dengan Tangan

Anda dapat mencuci dengan tangan bila label petunjuk penyucian bed cover tidak menyarankan dicuci dengan mesin cuci. Dan sangat tidak disarankan untuk mencuci bed cover dengan menggunakan sikat, karena dapat membuat kain bed cover menjadi rusak.

 

Dan berikut ini adalah cara mencuci bed cover dengan tangan, diantaranya:

 

  • Rendam bed cover di dalam bak mandi atau ember menggunakan air dingin atau panas dengan deterjen dan cairan pelembut dan pewangi selama 30 menit. Harus diingat, jangan terlalu lama agar tidak merusak tekstur nya.
  • Anda dapat mulai untuk mengucek bed cover dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan tujuan bed cover dapat bersih keseluruhan.
  • Bila tidak memiliki kekuatan yang cukup dengan tangan, Anda bisa menggunakan kaki dan mulai menginjak-injak bed cover untuk menghemat tenaga saat mencuci bed cover yang mempunyai bahan tebal.
  • Kalau dirasa sudah bersih, bilas menggunakan air mengalir atau bisa menggunakan selang dan siram bed cover keseluruhan sampai tidak ada deterjen yang menempel.
  • Taruh bed cover di tempat yang tinggi untuk diperas perlahan untuk mengurangi resapan airnya.
  • Selanjutnya Anda tinggal jemur di tempat yang sama dengan mencuci menggunakan mesin, yakni tidak langsung dibawah matahari. Libas bed cover agar tidak ada sisi yang terlipat.

 

Demikianlah ulasan mengenai cara mencuci bed cover baik dengan mesin ataupun tangan. Gunakanlah deterjen yang sudah mengandung pelembut agar tidak dua kali pemrosesan.

 

 

Cara mencuci bed cover dapat dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan mesin cuci dan tangan. Gunakanlah deterjen yang sudah langsung mengandung pewangi, agar tidak bekerja dua kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *