Batuk menjadi salah satu penyakit yang sering menjangkiti masyarakat, selain juga penyakit flu, pilek dan juga pusing-pusing.

Namun, terkadang penyakit batuk dirasa mengkhawatirkan apalagi jika batuk tersebut disertai gejala lain seperti misalnya muntah ataupun batuk kering.

Lalu, apa sih itu batuk kering dan bagaimana cara mengatasi batuk kering secara alami di rumah. Berikut diantaranya:

Apa Itu Batuk Kering?

Batuk kering adalah penyakit batuk yang tidak disertai dengan kemunculan lendir ataupun dahak. Batuk ini terasa menyiksa karena tenggorokan terasa kering dan terkadang juga terasa gatal.

Adapun, penyakit batuk kering bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah rokok, paparaon polusi dan juga tanda-tanda penyakit tertentu.

Untuk penyakit batuk kering ringan mungkin anda bisa menyembuhkannya dengan membeli obat-obat yang ada di toko kesehatan atau apotek.

Namun, jika setelah mengkonsumsi obat batuk anda masih mengalami batuk kering atau frekuensinya malah semakin parah, anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan juga dilakukan penanganan.

Cara Menyembuhkan Batuk Kering

Jika batuk kering anda masih terasa ringan mungkin masih bisa disembuhkan dengan obat dari apotek ataupun mengkonsumsi makanan tertentu seperti misalnya.

1. Air Hangat

Cara paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mengobati batuk kering adalah dengan menggunakan terapi air hangat. Dengan memberikan tubuh air hangat diharapkan zat zat polusi yang mungkin terdapat dalam tenggorokan bisa dihilangkan.

 

Selain air hangat, anda juga diharuskan untuk banyak minum air putih setidaknya 8 hingga 12 gelas sehari agar pasokan cairan dalam tubuh terpenuhi.

Dengan banyaknya cairan dalam tubuh, diharapkan tidak ada bagian tubuh seperti misalnya tenggorokan yang kering. Seluruh bagian tubuh akan terbasahi lendir dengan baik jika seseorang mengkonsumsi cairan yang cukup.

2. Madu

Selain bisa menyembuhkan penyakit batuk berdahak, madu juga dipercaya dapat menghilangkan atau menyembuhkan batuk kering. Penggunaan madu dianggap lebih efektif dibandingkan menggunakan bahan bahan alami lainnya.

Adapun, untuk cara mengkonsumsi madu pada penderita batuk kering, anda bisa menambahkan madu pada air hangat atau air dengan campuran bahan lainnya seperti misalnya air teh ataupun air lemon.

Namun, ketika akan menggunakan madu, anda harus berhati hati dan harus bisa membedakan mana madu murni dan mana madu palsu. Saat ini banyak sekali madu palsu yang beredar di pasaran.

Alih alih membuat penyakit sembuh, dengan madu palsu penyakit anda bisa bertambah parah. So, sekali lagi berhati-hatilah ketika anda akan membeli madu.

3. Makanan Kaya Probiotik

Salah satu penyebab batuk kering adalah sistem imun tubuh yang kurang berjalan secara maksimal. Maka dari itu, untuk membuat sistem kekebalan tubuh kuat anda harus banyak memakan makanan kaya probiotik.

Selain meningkatkan imun tubuh, makanan kaya probiotik juga dipercaya bisa mengurangi infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan.

 

Secara lebih lanjut, makanan probiotik ini memang tidak akan secara langsung menyembuhkan batuk kering, namun ia akan membantu tubuh agar lebih seimbang. Adapun, contoh makanan jenis ini diantaranya adalah tempe, yoghurt dan juga keju.

4. Air Garam

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau membantu meringankan batuk kering adalah dengan menggunakan garam.

Anda bisa mencampurkan seperempat ataupun setengah sendok garam di air yang sudah hangat.  Dengan seperti itu diharapkan batuk kering dapat mereda dalam waktu beberapa saat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.