Masih banyak yang gagal paham terhadap kolesterol, pasalnya kolesterol tidak selamanya memberikan efek yang tidak baik. Karena masih ada kolesterol baik yang juga memiliki peranan besar dalam tubuh. Kolesterol bisa menjadi berbahaya apabila kadar LDL tinggi, oleh sebab itu sangat perlu pemahaman yang lebih mengenai gejala ketika kolesterol naik.

Gejala ketika kolesterol naik wajib diketahui oleh pemilik penyakit ini. Karena bagaimanapun juga penyakit kolesterol sudah menjadi penyakit mematikan ketiga di dunia. Dan mirisnya penyakit ini sekarang tidak lagi dialami oleh kalangan lansia, tetapi juga dialami oleh usia di bawah 30 tahun. Yuk cari tahu apa saja gejalanya!

Cari Tahu Gejala Ketika Kolesterol Naik Agar Ditindaklanjuti Secepatnya

Sebenarnya kolesterol merupakan senyawa lemak yang ada dalam darah manusia, yang mana senyawa lemak ini sangat bermanfaat untuk memproduksi sel yang sehat, hormon, dan juga vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tempat produksi kolesterol sendiri sebagian besar terdapat di hati, namun sebagiannya lagi dihasilkan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Walau sangat dibutuhkan, namun bila jumlahnya sudah tidak terkontrol bahkan tertimbun disepanjang pembuluh darah, maka bisa sangat berbahaya. Karena bila sudah menjadi plak, maka aliran darah menjadi terhambat dan menyebabkan penyakit bahaya lainnya.

Tiap orang tentu berbeda juga kadar kolesterol yang dimiliki. Hal tersebut tergantung dari resikonya, ada yang memiliki resiko lebih tinggi atau sebaliknya untuk mengalami gejala penyakit pembuluh arteri.

Namun umumnya 200 miligram per desiliter adalah kadar normal kolesterol yang dianggap baik. Bila sudah di atas angka tersebut, maka kadar kolesterol sudah termasuk tinggi. Dan akan menampakkan beberapa gejala, diantaranya adalah :

  1. Sakit Kepala Berat

Rasa sakit pada bagian kepala terutama di belakang, itu adalah salah satu gejala yang paling umum dirasakan saat kolesterol naik. 

Saat kadar kolesterol naik maka akan muncul rasa sakit yang sangat mengganggu juga berat di kepala. Dan akan membaik apabila serangan kolesterol yang naik tadi sudah mereda.  Cara yang dianggap ampuh saat kepala terasa sakit dan berat adalah dengan beristirahat yang cukup. Jangan lupa juga konsumsi air mineral yang banyak.

  1. Nyeri Dada

Rasa nyeri di bagian depan dada juga bisa menjadi penyebab atau gejala saat kolesterol naik. Dan biasanya juga akan terasa pada bagian lengan yang terasa begitu nyeri. 

Rasa nyeri di dada juga akan sangat terasa bila kadar kolesterol naik dibarengi dengan stress. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari stress bila sudah mulai terasa nyeri pada bagian dada. Agar rasa nyerinya tidak begitu terasa menyiksa.

  1. Gangguan Pencernaan

Gejala lainnya bila kolesterol sudah naik adalah gangguan pada sistem pencernaan. Hal tersebut banyak dialami oleh penderita kolesterol. Dan penyebabnya tidak lain karena kadar kolesterol yang naik, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan pada empedu. Yang mana pada akhirnya menjadi penyebab munculnya batu empedu.

Bila Anda memiliki penyakit kolesterol, maka Anda Anda harus berhati-hati. Karena 80 persen lebih kasus dari batu empedu terjadi karena memiliki kolesterol yang tinggi.

Tips Menjaga Kadar Kolesterol Agar Tidak Naik

Bila memang Anda sudah didiagnosis kolesterol, maka sebaiknya Anda sudah mulai untuk menjaga kesehatan agar kadar kolesterol tidak naik. Adapun caranya adalah :

  1. Mengubah pola hidup sehat, dengan cara tidak begadang sampai pagi, tidak merokok, dan tidak minum alkohol
  2. Berolahraga dengan rutin, setidaknya lakukan olahraga 3 kali dalam seminggu
  3. Melakukan diet sehat dengan cara mengubah pola makan sehat. Yakni dengan mengurangi makanan yang berminyak, rutin konsumsi buah dan sayuran.

Bagaimana, cukup mudah bukan mengatasi gejala ketika kolesterol naik? Semoga ulasan di atas bisa membantu dan memberikan informasi yang relevan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *