Bagi Anda yang biasa bekerja dengan banyak orang ataupun mempresentasikan suatu produk, melatih public speaking sangat penting. Karena hal ini berkaitan langsung dengan kesuksesan Anda menyampaikan pesan, yang berujung pada diterimanya sebuah kerjasama.

 

Public speaking bukan berupa bakat atau bawaan lahir. Melainkan ketekunan yang perlu dilatih secara terus menerus untuk hasil terbaik. Kunci dari hal ini bukan hanya keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi. Namun juga, kepiawaian dalam menuturkan ide dan pemikiran yang ingin disampaikan secara verbal dan nonverbal.

Tips Melatih Public Speaking Untuk Pemula

Bagi kamu yang belum memiliki jam terjang tinggi dalam berbicara dihadapan banyak orang, rasa gugup dan tidak percaya diri tentu saja hadir. Hal ini bisa membuat apa yang Anda sampaikan tidak terucap dengan baik, bahkan cenderung gagal.

 

Melatih public speaking secara terus menerus akan membantu kamu menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi dalam sebuah konferensi atau pertemuan.

 

Berikut beberapa tips untuk melatih kemampuan Anda dalam public speaking.

Saat tampil di depan, jangan langsung bicara

Kegugupan dan kekhawatiran biasanya mulai timbul saat nama kamu dipanggil maju ke depan untuk berbicara. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk berjalan secara perlahan dengan tubuh yang tegak. Tersenyumlah selebar mungkin seolah Anda bisa menghadapi situasi.

 

Dalam perjalanan menuju podium, aturlah tarikan dan helaan nafas Anda. Diam sejenak saat Anda sudah mencapai podium dan jangan langsung berbicara.

 

Berusahalah bersikap tenang dan mengontrol diri, lalu menyapa audiens dengan tegas.

Kontak mata

Saat berada di hadapan para audiens, jaga kontak mata Anda dengan mereka. Memang awalnya akan terasa gugup dan bikin gemetar, tetapi hal ini penting untuk dilakukan.

 

Jika belum terbiasa, coba pandang bagian pucuk kepala para audiens atau dahi mereka. Tahan hingga beberapa lama agar mereka percaya bahwa kontak mata telah terjadi.

 

Ini akan membantu Anda untuk fokus dan menguasai situasi

Bicara perlahan

Saat kita gugup, kita cenderung berbicara cepat dan melupakan beberapa poin penting yang perlu disampaikan. Karena itu, Anda perlu mengucapkan semua perkataan Anda dengan intonasi sedang dan sedikit lambat.

 

Usahakan untuk artikulasi pengucapan Anda harus jelas.

 

Jika masih saja terlalu gugup, tidak ada salahnya berhenti sejenak untuk mengatur nafas dan menenangkan diri. Lalu, melanjutkan kembali penyampaian Anda.

Fokus memberi bukan meminta

Pembicara yang memaksa seseorang untuk menerima ide-idenya cenderung diabaikan dan tidak mendapat perhatian. Sehingga, saat Anda menjadi pembicara, selalu terapkan untuk memberi nilai dan inspirasi kepada audiens. Bukan hanya memaksakan kehendak agar pemikiran Anda diterima.

 

Untuk menambah nilai plus dalam memberikan suatu inspirasi, Anda juga bisa menyertakan emosi dan perasaan agar lebih meyakinkan. Anda juga diperbolehkan untuk mengungkapkan kegembiraan atas ide yang disampaikan. Namun, tetap tidak boleh memaksa audiens untuk menerima pemikiran tersebut.

Cuek

Salah satu hal yang sering membuat orang tidak percaya diri pada saat melakukan public speaking adalah suara-suara sumbang yang mencecar kemampuan Anda. Bersikaplah acuh dan cuek untuk menghadapi hal ini.

 

Jangan biarkan perkataan toxic dari orang lain mempengaruhi sikapmu atau bahkan memundurkan rasa percaya dirimu.

 

Jika Anda baru menapaki jalan ini, wajar berbuat salah. Tetapi jangan membuat satu kesalahan membuatmu berhenti. Apalagi hanya omongan orang yang belum tentu benar.

 

Selalu belajar dan melatih public speaking selalu. Agar dikemudian hari, Anda menjadi sosok pembicara yang handal dan diakui oleh semua orang.

 

Demikian tips melatih public speaking untuk pemula. Jangan sungkan untuk bertanya dan berlatih dari orang yang lebih berpengalaman. Asah kemampuan Anda dan temukan gaya khas Anda sendiri untuk mempengaruhi orang dengan public speaking. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *