Pertanyaan kenapa NIK dan KK tidak valid tentu banyak ditanyakan oleh orang-orang. Sebagian dari mereka merasa kebingungan karena belum mengetahui caranya sehingga harus kerepotan pada saat mengurus suatu dokumen. Khususnya bagi mereka yang ingin menggunakan untuk pendaftaran.

Beberapa PenyebabKenapa NIK dan KK Tidak Valid

Perlu diingat lagi bahwa NIK dan KK tidak boleh terbalik. Hal ini juga seringkali masih dialami oleh banyak orang sehingga mereka pun mengalami adanya kejadian ini. Sayangnya juga belum menyadari bahwa kesalahan ini diakibatkan karena kurang teliti saat memasukkannya.

Lalu apa saja penyebab lainnya?

  1. Kesalahan Memasukkan NIK dan KK

Penyebab utama yang seringkali terjadi pada kasus ini adalah kesalahan saat memasukkan NIK dan KK. Hal ini memang terlihat sepele namun bisa membuat angkanya menjadi tidak valid dan berujung kegagalan. Jadi Anda pun harusnya berhati-hati untuk mengeceknya kembali agar menjamin benar.

Biasanya banyak orang yang salah memasukkannya ketika sudah berada di Disdukcapil. Tentu hal ini sangat merepotkan bahkan tidak jarang dari mereka mengrusnya pada pihak terkait. Anda hanya perlu mengeceknya ulang apakah sudah sesuai atau belum. sebelum dimasukkan.

  1. Gangguan Sistem Pencatatan

Penyebab lainnya yang membuat NIK dan KK menjadi tidak valid karena adanya gangguan pada sistem pencatatan. Contohnya saja ketika Lembaga Dukcapil bisa saja mengalami human error sehingga menyebabkan kejadian ini. Atau bisa juga terjadi kesalahan pada database Kemendagri.

Anda pun tidak perlu khawatir dengan hal ini dan jangan terburu-buru untuk menyalahkan pihak terkait terlebih dahulu. Cara mengatasinya yakni melalui Dukcapil atau Kemendagri secara langsung. Laporkan saja masalah ini pada Disdukcapil atau kelurahan terdekat di tempat membuat KTP dan KK.

Pastikan juga sudah membawa dokumen yang diperlukan secara lengkap sebelum mendatangi Disdukcapil. Beberapa diantaranya seperti akte kelahiran, KK, KTP dan lainnya. Anda bisa menghubungi kontak berikut (1500537) jika memang tidak punya waktu kosong datang ke kantor.

Itulah tadi penyebab utama kenapa NIK dan KK tidak valid. Pastikan Anda tidak selalu terburu-buru saat menyikapi hal ini. Pertama bisa saja dikarenakan kesalahan sendiri karena kurang teliti sehingga perlu dicek kembali kebenaran datanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *