Sebuah produk atau jasa membutuhkan iklan untuk promosi. Beriklan dapat melalui media sosial, televisi, radio, hingga baliho yang terpampang di pinggir jalan. Beragam iklan seperti iklan peralatan elektronik, iklan makanan, hingga iklan jasa tentu akan dengan mudah Anda temukan.

Secara umum, pesan dalam iklan berbentuk ajakan. Sehingga, tujuan iklan ialah untuk membujuk serta mendorong masyarakat sebagai konsumen agar tertarik dengan suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Iklan memiliki beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui, seperti untuk menginformasikan suatu produk atau jasa ke khalayak, untuk menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk atau jasa, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi iklan, merdeka.com telah merangkumnya dari liputan6.com dan berbagai sumber.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli dan KBBI

Menurut Kotler (2002)

Iklan sebagai bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Menurut Lee (2004)

Iklan yaitu sebuah komunikasi komersil dan non personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum.

Menurut Suhandang (2005)

Iklan sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.

Menurut Kriyantono (2008)

Iklan yaitu bentuk komunikasi non personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Iklan yaitu berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Fungsi Iklan

Terdapat beberapa fungsi iklan secara umum yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

a. Untuk menginformasikan suatu produk atau jasa ke khalayak.

b. Untuk memotivasi konsumen terhadap suatu produk atau jasa.

c. Untuk menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk atau jasa.

d. Untuk mendukung komunitas bisnis-bisnis yang ada.

e. Untuk membangun serta memelihara hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan penyedia produk atau jasa.

Syarat Membuat Iklan

Untuk dapat membuat iklan yang layak dipublikasikan, tentu terdapat sejumlah syarat iklan yang harus dipenuhi, di antaranya:

1. Isi iklan haruslah jelas. Maksudnya, isi iklan lebih baik singkat, jujur, objektif, menarik perhatian, serta tidak menyinggung salah satu pihak.

2. Berisi informasi yang jelas dan padat.

3. Pastikan bahasa yang digunakan dalam iklan memiliki arti yang baik, mudah dipahami masyarakat luas, serta mudah diingat.

4. Iklan dikemas agar menarik perhatian serta minat masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *