Istilah 3 K sendiri adalah kemauan, kemampuan, dan kesempatan. "Pertama kemauan mereka berlatih. Jika mereka menambah jam berlatihnya di rumah, saya yakin kemampuan mereka meningkat, dan jika kemampuan sudah meningkat maka akan ada kesempatan yang datang dan mereka bisa berhasil disitu," ucap Staven Pattiwael, Pelatih Softball PON Banten di Lapangan Sofbol Stadion Sport Center, Kelapa Dua, Tangerang. Staven menjelaskan motivasi selalu ia lakukan sebelum dan sesudah berlatih.

Ia yakin, jika setiap atlet punya kemampuan, maka atlet akan percaya diri dalam pertandingan. "Saya ingin mereka latihan maksimal. Jika mereka jago, pasti mereka percaya diri," tuturnya. Staven menjelaskan, ia telah melihat atlet atletnya yang masih butuh arahan terutama untuk mental.

Ia juga mengantisipasi agar atletnya tidak demam panggung bahkan tidak berpuas diri. "Mereka belum apa apa. Perjalanan masih panjang. Jika hanya hebat di Banten, itu bukanlah kebanggaan. Masih panjang karir yang mereka tuju," tutupnya. Tim Putra Sofbol Banten sendiri ditarget meraih emaa pada PON 2021 mendatang di Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *