Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker kain guna mencegah penularan virus corona. Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto saat konferensi pers di Gedung BNPB. Yurianto mengatakan, mulai hari ini, Minggu (5/4/2020), sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah mengharuskan penggunaan masker untuk semua masyarakat.

Namun, ia mengimbau masyarakat tidak menggunakan masker bedah dan masker N95. Sebab, masker tersebut hanya boleh digunakan untuk petugas medis. Pemerintah memintamasyarakat menggunakan masker kain sebagai upaya mencegah penularan virus corona.

"Semua harus menggunakan masker. Masker bedah, masker N95 hanya untuk petugas kesehatan." "Gunakan masker kain, ini menjadi penting, karena kita tidak pernah tahu di luar orang tanpa gejala banyak sekali didapatkan." "Di luar kita tidak tahu, mereka adalah sumber penyebaran penyakit."

"Oleh karena itu, lindungi diri kita semua menggunakan masker pada saat keluar rumah terutama," terang Yurianto. Yurianto menyarankan, penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam. Setelah itu, masker kain harus dicuci dengan cara direndam di air sabun.

"Gunakan masker kain bisa dicuci, kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam." "Untuk kemudian dicuci dengan cara direndam di air sabun dan kemudian dicuci," jelas Yurianto. "Ini upaya untuk mencegah terjadinya penularan, karena kita tidak pernah tahu, di luar banyak sekali kasus yang berpotensi menularkan ke kita," tegasnya.

Yurianto menegaskan, di samping mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, penggunaaan masker juga menjadi kunci untuk mengendalikan pandemi virus corona. Sementara itu, jumlah pasien virus corona di Indonesia kembali bertambah. Data yang dihimpun pemerintah hingga Minggu, pukul 12.00 WIB, ada penambahan kasus positif corona di Indonesia sebanyak 181 orang.

Sehingga total kasus positif corona di Indonesia menjadi 2.273 orang. Selain itu, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid 19 juga bertambah sebanyak 14 orang. Sehingga total pasien sembuh dari Covid 19 di Indonesia menjadi 164 orang.

Namun, pasien corona yang dinyatakan meninggal dunia juga mengalami penambahan sebanyak 7 orang. Sehingga total pasien yang meninggal dunia karena terjangkit virus corona menjadi 198 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *