Keamanan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan setiap pengemudi mobil. Sebab,  kurangnya kepedulian terhadap keamanan diri sendiri dapat berakibat fatal, baik untuk Anda sipengemudi maupun orang lain yang sedang berkendara di sekitar Anda. Meski Anda sudah punya asuransi kecelakaan diri yang memberikan jaminan perlindungan finansial bila kecelakaan terjadi, tidak berarti Anda bisa berkendara sesuka hati, ya.

Maka dari itu, yuk simak teknik aman berkendara yang dijamin mampu menjaga keselamatan dan keamanan Anda selama mengemudi berikut ini!

 

  1. Pahami pergerakan kendaraan

Mobil merupakan benda yang bergerak atas kehendak pengemudi. Bila ingin melaju, maka tekan pedal gas. Ketika Anda ingin berbelok, maka roda kemudi harus diputar. Pengemudi yang baik tidak boleh berhenti memahami pergerakan kendaraan hingga di situ saja. Sebab, Anda wajib pula untuk memahami pergerakan kendaraan termasuk dinamika kendaraan itu sendiri, antara lain ketika melakukan akselerasi, menikung, atau mengerem kendaraan. Jangan sampai Anda menekan pedal rem secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan ban mobil menjadi selip dan pergerakan nya tidak terkontrol.

 

  1. Jaga jarak aman

Menjaga arak aman merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan dengan tujuan untuk menghindari tabrakan. Salah satu cara mudah untuk mengukur jarak aman adalah dengan peraturan 3 detik. Peraturan ini sangat efektif diterapkan ketika berkendara dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam. Caranya, hitung waktu kendaraan di depan Anda melintasi sebuah benda mati di tepi jalan. Jarak waktu hingga Anda bisa mencapai benda tersebut harus tiga detik setelah kendaraan di depan Anda melintas.

 

  1. Was was dengan kondisi sekitar

Mengemudi kendaraan memang harus selalu fokus akan hal sekitar, meskipun dangan tertuju jauh kedepan untuk memperkirakan kecepatan serta jarak aman. Untuk itu, pastikan jalur yang akan Anda lalui memang benar-benar aman sebelum dilewati.

 

  1. Waspada dengan blind spot

Setiap mobil memiliki blind spotnya sendiri-sendiri. Blind spot merupakan titik saat kendaraan lain sulit terpantau jangkauan mata dan juga kaca spion. Maka dari itu, cek kondisi sekitar mobil setiap 5-8 detik sekali, terutama sebelum melakukan manuver.

 

  1. Hindari distraksi

Sangat penting bagi Anda untuk tidak melakukan kegiatan lain yang dapat mengganggu konsentrasi mengemudi, seperti bermain ponsel, makan atau minum, mengobrol, mangganti saluran radio, atau hal yang lainnya. Fokuslah pada jalan raya dan lingkungan sekitar.

 

Demikianlah 5 tips untuk berkendara dengan teknik aman demi menghindar dari adanya kecelakaan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *