Rumah adalah aset paling mahal bagi sebuah keluarga, jadi perlu tips khusus untuk membeli aset tersebut. Termasuk tips membeli rumah pertama di perumahan Citra Maja Raya.

Membeli rumah pertama tentu memiliki kesan khusus. Namun transaksi dalam jual beli rumah hunian tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu ketelitian agar mendapat tempat yang sesuai, contohnya di perumahan Citra Maja Raya. Sebab ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelumnya.

Selama ini masyarakat umum berpedoman pada 4L (lokasi, lokasi, lokasi dan lokasi) ketika membeli tempat hunian. Namun kini ada perspektif lain yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Hal tersebut harus diperhatikan dengan seksama karena rumah akan dihuni dalam jangka waktu lama.

Pengembang perumahan biasa menawarkan rumah siap huni atau indent. Pada masing-masing pilihan, ada kekurangan dan kelebihannya sendiri. Untuk rumah siap huni, pembeli bisa melihat rumah secara langsung. Lain hal dengan indent yang membutuhkan waktu untuk dibangun. Istimewanya rumah indent ini adalah pembeli bisa mengawasi pembangunan sejak awal.

Tips Memilih Rumah Di Perumahan Citra Maja Jaya

Bagi pasangan muda, dapat membeli sebuah rumah tentu sebuah pencapaian besar. Terlebih jika berhasil membeli rumah di perumahan Citra Maja Raya. Ada beberapa tips yang harus dilakukan agar tidak salah memilih rumah. Berikut ini adalah tips yang bisa diikuti.

Lokasi

Bagaimanapun juga lokasi sebuah rumah harus memiliki lokasi yang baik. Lokasi yang baik di sini berarti mudah dijangkau, dekat dengan sekolah atau kantor, dan strategis. Memiliki rumah yang mudah ditempuh dari segala arah tentu memberi keuntungan tersendiri. Begitu juga bila tidak terlalu jauh keberadaannya dari berbagai fasilitas umum, termasuk pasar dan rumah sakit.

Agar bisa memperoleh lokasi yang bas, Anda harus menyempatkan diri untuk melakukan survei.Bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan orang terpercaya untuk melihat kondisi perumahan. Anda bisa juga meminta penjelasan langsung dari pihak perumahan Citra Maja Raya untuk mendapat informasi lengkap. Baik mengenai tata letak rumah atau perencanaan bangunan ke depan nanti.

Saat melakukan survei, Anda bisa mencari tahu kondisi daerah tersebut pada tetangga. Apakah lokasi rumah jauh dari banjir tahunan. Sebaiknya mundur jika lokasi yang anda inginkan memiliki resiko menerima banjir tahunan. Sedang sisanya yang bisa ditanyakan adalah kualitas air di daerah tersebut.

Lingkungan

Memiliki lokasi yang strategis namun lingkungan tidak aman tentu juga meresahkan penghuni rumah. Percuma rumah bagus jika keadaan sekeliling rawan dengan kejahatan pencurian atau kekerasan. Terlebih bagi pasangan muda yang baru memiliki anak, tentu khawatir melepas mereka. Lingkungan yang buruk bisa membawa pengaruh buruk bagi anak-anak.

Jika memiliki anak tentu harus mempertimbangkan keadaan sekeliling. Mempunyai rumah yang dekat dengan sekolah maupun fasilitas umum seperti taman bermain tentu menjadi sebuah keharusan. Jadi anak bus bermain dengan leluasa bersama teman mereka.

Legalitas

Memiliki lokasi yang baik, serta lingkungan sehat tentu idaman semua orang. Hanya saja jangan lupa untuk mempertanyakan status rumah. Sebaiknya pastikan kalau rumah tidak berada dalam posisi sengketa. Agar Anda tidak terseret dalam permasalahan orang lain, dan terhindar dari penipuan.

Adapun jika ingin melakukan KPR, lengkapi semua dokumen agar status kepemilikan atas rumah nanti sah milik Anda. Perhatikan pula bagaimana nama baik perusahaan pengembang rumah. Apakah mereka pernah terlibat dalam sebuah permasalahan atau semacamnya.

Harga Rumah

Harga Rumah pada lokasi yang berbeda sering kali berbeda pula harganya. Ini disebabkan oleh beberapa faktor penentu. Seperti lokasi bangunan dan kualitas bangunan rumah tersebut. Saat melakukan survei, Anda dapat memperkirakan sendiri berapa patokan harga yang berlaku pada daerah tersebut.

Kualitas

Kualitas rumah hunian jelas memiliki peran besar sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Untuk rumah KPR yang melalui proses indent mungkin agak susah untuk mengetahui kualitasnya langsung, karena rumah belum dibangun. Tetapi Anda bisa mengeceknya dari rumah contoh yang telah dibangun pada lokasi perumahan.

Memilih Developer Perumahan

Setelah menentukan pilihan rumah mana yang akan diambil, dan sudah sesuai dengan budget, selanjutnya pilih developer. Rumah yang terletak dalam perumahan memiliki potensi yang bagus, baik sebagai hunian maupun investasi. Jadi harus bisa memilih developer yang tepat agar terhindar dari kerugian.

Kredibilitas

Mengecek ulang kredibilitas sebuah developer dapat dilakukan dengan memeriksa proyek lama mereka. Apabila tidak ada masalah dalam proyek-proyek terdahulu, maka Anda bisa melanjutkan proses dengan mereka. Namun jika masih perusahaan baru, lakukan pengecekan yang lebih mendetail.

Komitmen

Ada beberapa pengembang perumahan yang tidak serius dengan janji pembangunan mereka. Rumah yang akan dibangun justru terhambat karena pihak developer tidak serius dengan komitmen mereka. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan perjanjian di awal agar sama-sama menjaga komitmen.

Kerja Sama Dengan Bank

Semakin banyak pilihan bank untuk bekerja sama, berarti developer tersebut sudah dipercaya sejak lama. Pihak bank tidak mungkin setuju untuk melakukan perjanjian jika tidak meneliti latar belakang perusahaan tersebut lebih dulu. Ini membuktikan pihak developer memiliki Legalitas yang kuat.

Demikian tips dalam memilih rumah pertama bagi keluarga muda. Serta tips untuk melakukan kerja sama dengan developer bersangkutan.Lalu kapan waktu yang paling tepat untuk membeli rumah? Rumah adalah aset paling mahal dalam sebuah keluarga, karena di Rumah lah tempat berkumpul bersama. Jadi sebaiknya segera lakukan, sebab harga rumah akan semakin naik setiap tahun.

Perumahan Citra Maja Raya adalah contoh perumahan yang memenuhi semua persyaratan di atas. Anda penasaran? Tinggalkan komentar Anda di sini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *