Kegiatan kredit atau meminjam uang sudah semakin umum dipraktikkan di Indonesia. Kemudahan dalam pengajuan hingga membayar cicilan adalah salah dua faktor yang membuat masyarakat tak lagi enggan untuk mengambilnya. Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan penggunaan credit life insurance atau asuransi jiwa kredit sebagai proteksi penunjang?

 

Perlindungan selama masa kredit berlangsung

Ketika mengajukan kredit ke bank atau perusahaan pembiayaan, Anda pasti akan diminta memilih jangka waktu pelunasan. Untuk mendapatkan cicilan ringan, beberapa orang akhirnya memilih kredit jangka panjang yang dinilai tak akan membebani pengeluaran atau biaya lainnya.

Namun, selama masa kredit berlangsung, nasabah yang bersangkutan bisa saja mengalami kecelakaan atau risiko tak terduga lain yang menyebabkan cedera hingga kematian. Dalam situasi seperti ini, pihak keluarga yang ditinggalkan akan terbebani karena beberapa hal, mulai dari mengurus pemakaman hingga melunasi utang pihak tertanggung.

Hal inilah yang membuat asuransi jiwa kredit diperlukan. Pasalnya, jenis asuransi ini mampu membantu melunasi kredit apabila nasabah meninggal dunia saat cicilan belum tuntas dibayar. Asuransi jiwa kredit pun biasanya ditawarkan sebagai bagian dari asuransi jiwa dan merupakan bentuk kerja sama antara perusahaan asuransi dengan bank.

Selain itu, benefit yang diberikan asuransi jiwa kredit akan dirasakan kedua belah pihak, yakni kreditur (bank atau lembaga keuangan lain) dan debitur (nasabah). Pihak kreditur akan terlindungi dari risiko kredit yang belum dibayar lunas saat nasabah meninggal dunia. Sementara nasabah tak akan memberatkan keluarga karena utang mereka akan ditanggung asuransi.

 

Sistem asuransi jiwa kredit

Serupa dengan asuransi jiwa, asuransi jiwa kredit akan bermanfaat untuk pelunasan kredit nasabah ketika tertanggung meninggal dunia atau kehilangan penghasilan karena musibah dan/atau kecelakaan di masa periode pertanggungan berlaku. Sehingga, keluarga yang ditinggalkan atau menanggung beban kredit tertanggung tidak harus mengganti kewajibannya saat yang bersangkutan meninggal dunia atau kehilangan penghasilan karena musibah dan/atau kecelakaan. Di sisi lain, lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan kredit tertanggung pun tak harus mengalami kerugian karena kredit macet tertanggung.

 

Mendapatkan asuransi jiwa kredit yang tepat

Apa Anda membutuhkan asuransi jiwa kredit untuk menunjang pinjaman jangka panjang? Mendapatkan asuransi ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi saat mengajukan kredit pada bank atau perusahaan pembiayaan. Beberapa bank bahkan sudah menyediakan fasilitas asuransi jiwa kredit dari perusahaan asuransi rekanan. Sehingga, Anda tak perlu repot pergi ke perusahaan asuransi tersebut.

 

Sebagai awalan, Anda akan diminta untuk mengisi surat permohonan asuransi jiwa. Kemudian, Anda akan diminta untuk membayar uang premi sesuai jumlah yang disepakati. Setelah itu, Anda akan mendapatkan Sertifikat Kepesertaan dari perusahaan asuransi sebagai bukti sebagai peserta terdaftar.

 

Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi jiwa kredit tepercaya adalah FWD Insurance. Anda akan mendapatkan layanan dan fasilitas terbaik yang akan melindungi Anda dari risiko selama membayar cicilan pinjaman. Jadi, proses pembayaran kredit dapat dilakukan tanpa masalah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *