Seperti yang sudah diketahui, influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus sehingga mengakibatkan sesak pada saluran hidung dan pernapasan. Menurut informasi penyakit ini memang tidak berbahaya jika langsung ditangani dengan benar. Lain Halnya jika tidak langsung ditangani.

Berbagai Macam Komplikasi Penyakit Akibat Influenza

Banyak orang suka sekali menyepelekan influenza, hanya karena bisa sembuh dalam jangka beberapa hari saja. Padahal semuanya tergantung dengan kondisi badan masing-masing. Bisa saja gejala bisa bertambah parah dan menjurus kea rah berbagai komplikasi penyakit seperti di bawah ini

  1. Gangguan Jantung

Sesak pernapasan yang dirasakan ketika sedang flu maupun pilek nantinya juga akan berdampak pada jantung. Kondisi tersebut dikarenakan imunitas semakin berkurang dan tubuh juga akan semakin melemah, akibatnya semua organ dalam tidak bisa bekerja secara optimal.

Baik jantung, paru-paru semuanya ikut bermasalah. Apalagi saat jantung sudah tidak mampu mengedarkan darah dengan lancar ke seluruh tubuh. Sebelum semuanya terlambat lebih baik jangan diremehkan begitu saja. Segera minum obat dan istirahat secukupnya agar lekas membaik.

      2. Serangan Asma

Komplikasi selanjutnya paling sering terjadi adalah serangan asma. Menurut info penyakit flu akan membuat pernapasan menjadi kurang baik. Peradangan sangat mungkin terjadi di tenggorokan dan membuat komplikasi lebih parah, yakni serangan asma ringan ataupun akut.

Kejadian ini juga akan lebih buruk menimpa jika ternyata penderita influenza memang sudah punya riwayat asma. Sebelum semakin parah sebaiknya minta arahan dari dokter, apalagi masalah pernapasan memang bisa membuat tidak nyaman. Jadi harus segera diselesaikan.

      3. Infeksi Telinga

Intensitas selalu menarik dan membuang ingus juga bisa menjadi faktor penyebab adanya penyakit baru muncul, salah satunya adalah infeksi telinga. Influenza yang terjadi terlalu sering  bisa membuat iritasi di hidung. Rasa sakitnya bisa berlipat ditambah dengan panas dan nyeri tak tertahankan.

Itulah mengapa ketika sedang flu berat seharusnya Anda memberikan uap atau semacam obat oles ke bagian bawah hidung. Tujuannya adalah agar memberikan rasa lega dan ruang supaya hidung bisa menghirup udara segar kembali. Tidak mampet dan membuat perasaan kurang nyaman.

Langkah Pengobatan Untuk Flu Ringan

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit flu semakin memburuk. Jika memang dirasa tidak gejalanya tidak terlalu buruk maka bisa mencoba pengobatan dari rumah saja. Karena sebenarnya tidak sampai 2 hari sudah sembuh .

  1. Jaga Suhu Badan Tetap Hangat

Menurut informasi penyakit influenza bisa menyebabkan suhu badan menjadi naik turun. Walaupun memang tidak signifikan. Agar tetap dalam keadaan hangat lebih baik Anda coba mandi saja dengan air hangat saat pagi hari atau selepas beraktivitas.

Saat tengah terserang flu tubuh akan menjadi sangat tidak nyaman, mandi dengan air biasa apalagi dingin bisa menyebabkan organ dalam shock atau paling buruk merembet ke gagal jantung. Sedangkan air hangat justru memberi efek segar.

     2. Minum Obat dan Vitamin

Selanjutnya adalah dengan rajin minum obat dan vitamin setiap harinya. Usahakan jangan telat sarapan, makan siang dan malam secara teratur. Selain itu cukupi kebutuhan air putih sesuai kapasitas tubuh masing-masing.

Seringkali kita melupakan konsumsi air putih dan lebih memilih minuman kemasan, soda, dan lain-lainnya yang jelas tidak sehat bagi tubuh. Jadi mulai sekarang biasakan untuk memenuhi kebutuhan air putih secara optimal.

Menurut informasi penyakit influenza memang tidak serius dan terlalu berbahaya. Namun bukan berarti harus disepelekan juga. Seperti kata istilah, melakukan tindakan pencegahan lebih bagus daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *