Setahun sudah dunia ini digegerkan oleh virus yang cukup menarik perhatian manusia di muka bumi. Pandemi yang sampai ini belum tahu kapan akan dipastikan berakhir sudah berhasil mengubah beberapa tatanan hidup manusia. Salah satunya adalah cara presentasi yang baik secara online.

 

Cara presentasi yang baik tentu harus menjadi salah satu persiapan yang harus Anda miliki. Karena meskipun dilakukan secara online, kualitas presentasi yang dilakukan tetap harus memiliki nilai plus di mata audiens. Presentasi yang dilakukan secara online saat ini menjadi salah satu bentuk aktivitas yang harus dilakukan. Karena mengingat protokol kesehatan yang tetap harus dijalankan untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19.

 

Tips Persiapan Presentasi Online

 

  1. Menyiapkan Slide Yang Menarik

 

Sebelum Anda melakukan cara presentasi yang baik secara online, tentu sangat diwajibkan untuk menyiapkan Slide yang dapat menarik perhatian audience. Meski dilaksanakan secara online tetap harus menjadi pertimbangan, agar orang-orang yang sedang menyaksikan Anda tidak cepat merasa bosan.

 

  1. Pastikan Kalau Koneksi Internet Lancar

 

Hal wajib yang harus Anda lakukan sebelum melaksanakan presentasi, pastikan kalau koneksi internet lancar. Karena saat internet Anda loading, tentu akan sangat mengganggu acara presentasi, dan tentu juga akan menyulitkan audiens menyimak presentasi Anda.

 

  1. Siapkan Mikrofon Untuk Bicara

 

Berbeda dengan presentasi tatap muka secara langsung, saat akan presentasi online Anda juga harus menyiapkan mikrofon. Mengingat presentasi yang dilakukan adalah audio visual, maka persiapan audio juga harus diperhatikan selain visualnya.

 

Dengan menggunakan mikrofon suara Anda akan terdengar jelas oleh audiens, sebaiknya gunakan mikrofon eksternal yang lebih bagus suaranya, bila dibandingkan dengan mikrofon bawaan laptop atau komputer Anda.

 

  1. PersiapkanĀ  Webcam

 

Presentasi secara online tentu juga mewajibkan Anda untuk menyiapkan alat-alat lainnya, yakni webcam. Dengan menggunakan webcam nantinya dapat memudahkan audiens melihat ekspresi Anda saat presentasi.

 

Untuk webcam sendiri, Anda bisa menggunakan webcam bawaan dari perangkat yang sudah ada. Atau bila ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan webcam eksternal seperti handphone yang dikoneksikan ke perangkat laptop atau komputer memiliki resolusi baik.

 

  1. Berpenampilan Menarik

 

Walaupun dilakukan secara online, presentasi yang akan dibawakan tetap harus memperhatikan penampilan. Dengan penampilan yang menarik, dapat menarik perhatian audiens pastinya.

 

  1. Menyiapkan Background Video Yang Menarik

 

Latar belakang saat presentasi juga harus dipersiapkan. Tidak harus yang sulit, Anda cukup menggunakan kain polos untuk menutupi ruangan yang dirasa kurang rapi saat presentasi. Atau lebih bagus lagi kalau ruangan tersebut sudah ditata dengan rapi dan siap untuk digunakan sebagai background saat presentasi.

 

  1. Pahami Penggunaan Platform Presentasi

 

Wajib untuk Anda ketahui platform apa saja yang biasa digunakan saat melakukan presentasi online. Karena ada banyak platform yang dapat Anda gunakan untuk presentasi online. Diantaranya ada zoom, WhatsApp, Google Meet, dan lainnya.

 

Namun saat ini platform yang paling banyak digunakan adalah Zoom. Jadi, ada baiknya sebelum Anda memulai presentasi, sehari sebelumnya pastikan terlebih dahulu fitur yang ada dalam platform tersebut tidak ada masalah, sehingga saat acara berlangsung tidak akan ada kendala apapun, baik untuk Anda pribadi ataupun audiens.

 

  1. Mata Difokuskan ke Webcam

 

Sekali lagi, meski presentasi dilakukan secara online, ada baiknya bila mata Anda fokus pada lensa webcam. Dengan demikian audiens akan merasa kalau Anda sedang menatap muka mereka secara langsung. Dan tanpa disadari Anda sudah membangun kedekatan dengan audiens yang sedang memperhatikan presentasi online.

 

  1. Jangan Lupa Untuk Menggunakan Ekspresi

 

Dalam presentasi online, tentu yang lebih terlihat adalah badan bagian atas Anda. Sama seperti presentasi tatap muka, sangat disarankan untuk memainkan ekspresi. Namun bedanya saat presentasi online, ekspresi wajah Anda yang harus lebih dimainkan. Bisa juga dibantu dengan kedua tangan. Dengan demikian presentasi yang Anda lakukan akan tampak lebih santai namun profesional.

 

  1. Atur Intonasi Bicara

 

Saat presentasi tentu tidak semua koneksi internet audiens lancar, untuk mengantisipasi hal-hal tersebut ada baiknya Anda memperhatikan ritme dan intonasi bicara. Gunanya agar audiens bisa lebih fokus pada presentasi yang Anda bawakan.

 

  1. Jangan Lupa Mute Audiens

 

Persiapan terakhir yang harus Anda lakukan adalah memastikan untuk menyalakan mode audio audiens menjadi mute. Dengan tujuan tidak ada gangguan berupa suara-suara yang tidak jelas saat Anda melaksanakan presentasi.

 

Bagaimana, mudah bukan persiapan yang dilakukan agar cara presentasi yang baik dapat berjalan dengan lancar? Jadi, meskipun presentasi dilakukan secara online, persiapan yang dilakukan harus tetap matang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *