Valve atau katup merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mengendalikan aliran cairan atau fluida. Fungsi utamanya adalah membuka dan menghambat aliran cairan tersebut. Katup seperti ini sangat sering dijumpai pada berbagai jenis mesin atau perangkat industri. Salah satu jenis katup yang biasa digunakan adalah gate valve. Anda bisa menemukan penawaran jual gate valve dengan mudah saat ini.

Keuntungan Pemakaian Gate Valve

Katup ini adalah tipe yang paling umum atau paling sering digunakan dalam sebuah sistem perpipaan. Fungsinya sesuai dengan konsep katup pada umumnya yaitu untuk membuka dan menutup aliran. Perlu diketahui bahwa gate valve tidak bisa terbuka setengah atau seperempat tapi harus terbuka dan tertutup sepenuhnya. Berikut adalah beberapa keuntungan pemakaian gate valve:

1. Memiliki Low Pressure Drop

Jenis katup atau valve ini memiliki pressure drop yang cukup rendah. Artinya kemungkinan untuk kehilangan tekanan sangat kecil. Apalagi ketika posisi katup terbuka penuh. Itulah mengapa aliran cairan atau fluida bisa jauh lebih optimal karena pressure yang diberikan lebih optimal.

 

Telah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi katup adalah untuk membuka dan menutup aliran cairan. Apabila ketika dibuka pressure drop-nya cukup tinggi maka aliran bisa terhambat atau tidak berjalan lancar. Lain halnya dengan gate valve yang punya low pressure drop saat dibuka secara utuh.

2. Penutupan Sangat Aman

Gate valve memiliki kelebihan dari segi kekuatan penutupannya. Katup ini bisa menutup secara sempurna dan terbilang sangat aman dengan risiko kebocoran minim. Pada sebuah sistem mesin yang melibatkan aliran fluida, tentu sangat penting untuk memastikan keamanan aliran tersebut. Terutama ketika tidak digunakan atau saat posisi katup harus tertutup.

 

Gate valve merupakan tipe katup yang harus tertutup sepenuhnya, tidak bisa setengah-setengah. Sistem inilah yang membuat penutupan katup tersebut terbilang sangat aman. Dengan begitu, setelah katup dalam posisi tertutup maka aliran fluida bisa benar-benar dihambat secara optimal. Sangat efektif untuk menjamin tidak adanya aliran fluida saat tidak dibutuhkan.

3. Bebas Kontaminasi

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari jenis katup ini adalah bebas dari kontaminasi. Gate valve hanya bisa dibuka dan ditutup sepenuhnya, tidak bisa setengah atau seperempat. Hal ini ternyata juga ikut berpengaruh pada risiko kontaminasi yang mungkin terjadi. Jika ditutup dan dibuka sepenuhnya maka risiko kontaminasi jauh lebih rendah.

 

Jika dibandingkan dengan tipe valve yang lain, gate valve ini memang memiliki risiko kontaminasi ringan bahkan bebas kontaminasi. Tak heran jika jenis katup ini cukup banyak dibutuhkan, terutama untuk mesin yang bekerja dalam mengatur aliran fluida tertentu yang sifatnya harus steril. Layanan jual gate valve juga pasti akan mengunggulkan poin yang satu ini.

4. Proses Perbaikan Lebih Mudah

Pengguna gate valve juga bisa merasakan keuntungan berupa mudahnya proses perbaikan saat ada kerusakan. Katup ini akan tertutup secara penuh dan penutupannya sangat aman. Selain itu, saat posisi tertutup maka tekanan benar-benar hilang sehingga tidak ada risiko kebocoran. Sistem seperti ini ternyata sangat mempermudah proses perbaikan karena tidak ada gangguan tekanan.

 

Gate valve bisa jadi pilihan jenis katup yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Pastikan Anda membeli produk gate valve terbaik dan berkualitas. Lamindo merupakan layanan jual gate valve yang berkualitas dan tentunya bisa diandalkan. Produk gate valve dari Lamindo bisa memberikan Anda beragam keuntungan sesuai dengan pembahasan di artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.