Tingkat persaingan di lapangan sangat ketat sehingga bisnis Anda wajib mengetahui pengertian value proposition yang baik. Presisi nilai yang bagus memiliki peluang produk atau layanan jasa perusahaan Anda bisa dikenal masyarakat lebih optimal. Setiap elemen yang dimiliki produk atau jasa menjadi pertimbangan pelanggan setia memakai produk tersebut. Pastikan Anda memiliki strategi pemasaran yang unik dan menarik sebagai bagian dari meningkatkan nilai produk atau jasa di mata pelanggan, ya!

5 Nilai yang Harus Dipertahankan Dalam Bisnis Anda

Bila Anda ingin bisnis berkembang lebih pesat dengan potensi produk atau jasa dikenal masyarakat luas, maka ketahui nilai yang harus dipertahankan dalam bisnis sebagai berikut :

1. Meningkatkan fungsionalitas

Fungsionalitas produk atau jasa yang fokus pada kebutuhan dan kenyamaan pelanggan wajib menjadi prioritas utama bisnis. Anda harus bisa menonjolkan apa yang dimiliki sebuah produk atau jasa sehingga pelanggan mau menggunakannya dibandingkan dengan produk kompetitor lain. Oleh sebab itu, pebisnis harus melakukan riset yang teliti untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk pesaing agar bisa meluncurkan produk yang sejenis dan memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik.

2. Memberikan proporsi emosi

Penekanan pada bagian menarik menjadi perhatian pelanggan sehingga pebisnis harus bisa memberikan imej terbaik dalam pengenalan produk atau jasa. Desain yang menarik dengan pemilihan kata atau informasi yang singkat dan jelas bisa Anda pertimbangkan lebih detail.

3. Memberikan keunggulan segi ekonomi

Pengertian value proposition produk atau jasa yang Anda tawarkan pada pelanggan harus memiliki keunggulan dari segi ekonomi. Misalnya produk atau jasa Anda memiliki harga yang lebih terjangkau, tapi fasilitas lebih bagus dari produk kompetitor atau keuntungan ekonomi yang akan pelanggan dapatkan harus Anda tonjolkan, ya! Harga produk yang kompetitif dengan fitur atau fasilitas yang lebih unggul tentu menarik perhatian pelanggan, asal Anda mampu bersaing sesuai target pasar yang sudah ditentukan.

4. Menampilkan simbolis yang prestisius

Sebenarnya, proporsi nilai produk juga memperhatikan pangsa pasar yang sesuai dengan sasaran perusahaan Anda. Bila Anda bisa membangun branding yang bagus, maka masyarakat akan menggunakan produk yang memiliki simbolis kuat. Misalnya produk Anda dibandrol harga sekian dengan keunggulan terbaik, maka masyarakat yang menggunakan bisa memiliki kelas sosial lebih tinggi. Contoh simbolis produk sebagai pilihan utama pelanggan bisa menjadi bagian dari pertimbangan Anda.

Di pasaran, Anda bisa melihat persaingan antar kompetitor dengan produk sejenis tapi simbolis produk yang paling unggul memiliki pelanggan lebih banyak. Biasanya pelanggan setia enggan berpaling ke produk lain bila merasakan kepuasan dalam pemakaian lebih lama.

5. Nilai akhir sebuah produk

Bila semua paket nilai produk sudah Anda maksimalkan, maka nilai akhir produk menjadi ketentuan apakah produk atau jasa Anda sukses besar di pasaran. Apa yang bisnis bisa janjikan pada pelanggan menjadi daya tarik utama sehingga calon pelanggan mau menggunakan produk atau jasa Anda. Maksimalkan setiap potensi yang ada untuk meningkatkan proporsi nilai produk dengan baik, ya!

Pengertian value proposition merupakan metode komunikasi langsung dengan calon pelanggan yang dilakukan secara singkat. Calon pelanggan akan langsung menangkap informasi produk atau layanan jasa yang ditawarkan dari kemasan, desain dan packaging yang menarik. Bila Anda mampu melakukan promosi dan strategi pemasaran unik, maka potensi produk atau jasa laris manis di pasaran sangat besar. Semakin banyak masyarakat yang memakai produk atau jasa dengan tingkat kepuasan tinggi akan membawa perusahaan Anda berkembang makin besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.